Senin 21 Feb 2022 09:18 WIB

7 Tips Mencari Kerja Sebelum Lulus Kuliah

Agar lamaranmu diterima, ini dia beberapa tips mencari kerja sebelum lulus kuliah

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips mencari kerja
Tips mencari kerja

Siapa sih yang mau kuliah terus? Tentu tidak ada, bahkan beberapa orang sudah mencuri start terlebih dahulu. Jadi waktu masih kuliah, mereka sudah coba apply di beberapa perusahaan untuk cari pengalaman.

Memangnya bisa? Tentu saja asalkan background pendidikan sesuai dengan kriteria perusahaan dan kamu mau digaji murah. 

Agar lamaranmu diterima, ini dia beberapa tips mencari kerja sebelum lulus kuliah yang dapat kamu aplikasikan. 

 

1. Banyak cari referensi pekerjaan

mencari referensi pekerjaan

Luangkan waktu untuk mencari referensi pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu, ya! Semakin banyak pilihan, semakin bagus. Apabila lamaran yang satu tidak diterima, kamu masih bisa mengharapkan mukjizat dari lamaran yang lain. 

Informasi seputar lowongan pekerjaan bisa didapatkan di platform pencarian kerja, sosial media, atau meminta referensi dari orang-orang terdekat. Pastikan perusahaan tempatmu menjatuhkan lamaran kerja menerima karyawan yang belum lulus kuliah, ya!

Jika tidak, lamaranmu akan sia-sia. Waktu dan tenagamu habis, begitu pula dengan uang karena kamu butuh modal untuk mencetak CV dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar. 

2. Perbaiki CV di platform profesional

Sudah pernah dengar LinkedIn, kan? LinkedIn merupakan salah satu platform profesional yang berorientasi pada bisnis. Isinya tidak hanya profil orang-orang sukses, quotes atau konten yang bermanfaat, tapi juga informasi seputar lowongan pekerjaan. 

Kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk memperkenalkan dirimu yang sesungguhnya lewat CV. Isinya nama lengkap, tempat, tanggal lahir, latar belakang pendidikan, nama universitas, dan skill yang kamu miliki. 

Jika sudah punya CV, apa salahnya melihat kembali poin-poin yang kamu tuliskan di dalamnya. Perbaiki kalau menurutmu isinya masih kurang bagus, jadi kesempatanmu untuk dilirik perusahaan hebat semakin besar.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pencari Kerja di Usia 20-an, Kudu Diperbaiki!

 

3. Coba magang

Sebelumnya sudah pernah magang? Well, pengalaman magang akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu. Kamu bisa cantumkan pengalaman ini di dalam CV dengan memberitahukan tempat magang, bidang kerja, dan aktivitasmu sehari-hari. 

Lewat magang, kamu secara tidak langsung menunjukkan potensi yang ada dalam dirimu. Jadi perusahaan bisa mengukur tingkat kelayakan mu saat bekerja sebelum akhirnya menerimamu untuk bergabung.

Jika perusahaan tempatmu magang suka dengan kinerjamu, bukannya tidak mungkin bila kamu ditawari untuk bekerja di sana setelah lulus nanti. Kamu tidak perlu repot-repot melamar ke perusahaan lagi, kan?

4. Datangi job fair

job fair

Kamu salah besar bila selama ini mengira job fair cuma untuk mereka yang sudah lulus kuliah. Sebab pada kenyataannya, siapapun bisa datang ke job fair asalkan tempatnya dekat dengan tempat tinggal dan kamu punya waktu untuk hadir. 

Di job fair, kamu bisa coba mengenal perusahaan-perusahaan yang sebelumnya jarang didengar. Kamu juga bisa berkomunikasi langsung dengan tim rekrutmen di sana untuk menanyakan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jangan lupa bawa surat lamaranmu, ya! Siapa tahu ada lowongan kerja untuk mahasiswa, kamu jadi bisa daftar. 

5. Perbanyak relasi

Selain empat tips di atas, kamu perlu memperbanyak relasi juga mulai dari sekarang. Ada banyak peluang tentang lowongan pekerjaan yang mungkin kamu dapatkan dari relasi tersebut.

Kamu bisa mengawali pembangunan relasi lewat fitur add connections di sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn. Setelah itu, coba lakukan pendekatan agar kamu semakin akrab dengan mereka.

Lebih bagus lagi kalau misalnya kamu punya jaringan alumni. Selain memperbanyak referensi seputar pekerjaan, kamu juga bisa ikut gathering dengan kakak atau abang yang sudah kerja. Biasanya mereka akan membagikan pengalaman seputar mencari pekerjaan dan tips-tipsnya mencari kerja yang bisa kamu aplikasikan nanti.

Baca Juga: Hindari Mencari Kerja dengan Cara Ini Kalau Ingin Berhasil

6. Minta saran orang yang berpengalaman

Jika kamu belum juga mendapatkan pekerjaan setelah sekian kali mencoba, janganlah putus asa. Mintalah saran dari orang yang sudah berpengalaman, yaitu mereka yang sudah bekerja selama beberapa tahun sesuai bidangmu. 

Pilihlah orang yang kamu kenal dekat dan pastinya mudah dihubungi, jadi komunikasi bisa dilakukan secara intens. Kamu pun tidak perlu sungkan untuk bertanya karena sudah kenal lama.

Cari waktu yang pas mengingat mereka sudah bekerja. Di sisi lain, beberapa dari mereka juga sibuk untuk mengurus keluarga atau menjalankan bisnis sampingan untuk menambah pemasukan. 

7. Jangan banyak menuntut

jangan banyak menuntut

Mau perusahaan besar, gajinya banyak, lingkungannya enak, dan menyediakan fasilitas yang membuat karyawan nyaman saat bekerja? Ingat, disini statusmu saja masih kuliah, jadi jangan terlalu banyak menuntut ke perusahaan. 

Tuntutan yang berlebihan justru membuatmu semakin sulit mendapatkan kerja, lho! Selagi kamu bisa berkembang di perusahaan, tidak ada salahnya dicoba.

Lagipula, tujuan kamu bekerja sebelum lulus hanya untuk mencari pengalaman. Kamu tidak serta-merta mengabdi di perusahaan tersebut. Apabila ada perusahaan yang lebih bagus, kamu pasti coba jatuhkan lamaran di sana.

Mau Mencari dan Memanfaatkan Peluang

Itu dia tips mencari kerja sebelum lulus kuliah. Intinya adalah mau mencari peluang sebanyak-banyaknya dan memanfaatkannya untuk bekal perjalanan karir di masa mendatang. So, buang jauh-jauh kata malas. 

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Psikotest Biar Lulus Tes Seleksi Kerja

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement