Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Start Cemerlang Bawa Verstapppen Juarai GP Meksiko

Senin 08 Nov 2021 07:39 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Formula Satu Belanda Max Verstappen dari Red Bull Racing.

Pembalap Formula Satu Belanda Max Verstappen dari Red Bull Racing.

Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Verstappen menyalip Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton untuk finis pertama di Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Max Verstappen menikmati kemenangannya yang paling nyaman pada balap Formula Satu (F1) musim 2021 di Grand Prix Meksiko. Start dari posisi ketiga di Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, Verstappen langsung merebut tempat pertama dengan manuvernya melewati pembalap terdepan Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton yang berada di posisi kedua di tikungan pertama.

Dari sana, pembalap Red Bull ini membangun keunggulan atas rivalnya di perebutan juara Hamilton, sementara Bottas jatuh ke belakang grid setelah dipotong oleh Daniel Ricciardo. Verstappen mengakhiri balapan dengan catatan waktu satu jam 38 menit, 39,086 detik.

Baca Juga

Sementara Hamilton harus melupakan persaingan dengan Verstappen sejak manuver gemilang rivalnya tersebut. Pembalap Mercedes ini menyadari pesaingnya kini adalah jagoan tuan rumah sekaligus rekan setim Verstappen, Sergio Perez.

Hamilton berhasil membangun keunggulan atas pembalap Meksiko itu, yang bertahan lebih lama, tetapi Red Bull dengan ban yang lebih segar menyusul Mercedes pada beberapa lap terakhir. Hamilton, menggunakan semua pengalaman dan keterampilannya untuk bertahan dan finis posisi kedua.

Itu salah satu hasil cukup memuaskan untuk Hamilton meskipun perbedaan poin di klasemen pembalap sekarang menjadi 19 poin. Verstappen memimpin dengan 312,5 poin. “Saya benar-benar memberikan segalanya dan bahkan bertarung hebat dengan Sergio,” kata Hamilton usai balapan dikutip Marca.

"Saya sangat bersyukur setidaknya mendapatkan satu detik. Saya masih sangat menikmati balapan."

Sergio Perez menjadi pembalap tuan rumah pertama yang finis di podium di Grand Prix Meksiko, yang membuat para penggemar di Autodromo Hermanos Rodriguez menjadi liar dengan gembira.

"Jelas saya ingin lebih, karena hari ini saya ingin mendapatkan satu-dua untuk tim," kata Perez setelah itu dalam wawancara pasca-balapan.

"Saya sangat senang kami menang di negara saya jadi terima kasih teman-teman dan waktunya untuk minum tequila sekarang!" katanya di radio setelah melewati garis finis tepat di belakang Hamilton.

Verstappen juga senang bisa menang untuk fan Red Bull. "Memiliki Checo (Sergio Perez) sebagai rekan setim yang datang ke sini ke Meksiko luar biasa, karena para penggemar di sini luar biasa," katanya.

Hampir tidak ada istirahat karena Formula 1 kembali akhir pekan depan dengan Grand Prix Brasil. Dengan empat balapan lagi tersisa, setiap seri akan sangat penting, terutama untuk Verstappen dan Hamilton.

Klasemen Sementara Pembalap F1 Setelah GP Meksiko:

1 Max Verstappen Red Bull Racing 312.5

2 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas 293.5

3 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas 185

4 Sergio Perez Red Bull Racing 165

5 Lando Norris McLaren 150

6 Charles Leclerc Scuderia Ferrari 138

7 Carlos Sainz Scuderia Ferrari 130.5

8 Daniel Ricciardo McLaren 105

9 Pierre Gasly AlphaTauri Honda 86

10 Fernando Alonso Alpine 60

11 Esteban Ocon Alpine 46

12 Sebastian Vettel Aston Martin 42

13 Lance Stroll Aston Martin 26

14 Yuki Tsunoda AlphaTauri Honda 20

15 George Russell Williams Racing 16

16 Kimi Raikkonen Alfa Romeo 10

17 Nicholas Latifi Williams Racing 7

18 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo 1

19 Mick Schumacher Uralkali Haas 0

20 Nikita Mazepin Uralkali Haas 0

21 Robert Kubica Alfa Romeo 0

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA