Ahad 07 Nov 2021 22:45 WIB

Dua Gol Maslac Antarkan PSS Sleman Taklukkan Persikabo

Mario Maslac bukan seorang striker, melainkan bek tengah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bek tengah PSS Sleman Mario Maslac (tengah).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Bek tengah PSS Sleman Mario Maslac (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- PSS Sleman berhasil memetik tiga poin kala berhadapan dengan Persikabo 1973 pada laga terakhir pekan ke-11 BRI Liga 1, Ahad (7/11) malam WIB. Sempat tertinggal lebih dulu pada menit ketiga, PSS Sleman akhirnya menutup laga dengan kemenangan, 3-2. Mario Maslac tampil sebagai pahlawan kemenangan PSS Sleman dalam laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, tersebut.

Persikabo langsung membuka keunggulan pada menit ketiga. Kesalahan antisipasi Fandry Imbiri yang dilakukan terhadap sepak pojok Ciro Silva berakibat fatal. Fandry menanduk bola yang diarahkan ke tiang dekat oleh Alves.

Bola halauan Fandry itu malah meluncur deras ke arah gawang Pesikabo. Kendati begitu, itu bukan satu-satunya gol bunuh diri di laga ini. Kesalahan serupa juga dilakukan bek tengah Persikabo, Shumeiko Veniamin.

Berniat memotong operan terakhir dalam skema serangan PSS Sleman, Veniamin malah mengarah bola ke gawangnya sendiri. Elang Jawa, julukan PSS Sleman, berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Sembilan menit berselang, Alves menjadi sosok penting buat Persikabo untuk bisa kembali mencatatkan keunggulan.

Setelah melakukan operan operan satu-dua dengan Hendra Bayaw dan melewati satu pemain PSS Sleman, Alves melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti. Sepakan itu tidak bisa kiper PSS Sleman, Miswar Saputra.

Persikabo ternyata gagal menjaga keunggulan tersebut, setidaknya hingga babak pertama usai. Pada masa injury time babak pertama, gawang Laskar Pajajaran malah kebobolan via sundulan Mario Maslac.

Bek tengah PSS Sleman sukses menyambar bola hasil tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Persikabo. Babak pertama pun usai dengan skor imbang, 2-2. Maslac kembali mencatatkan namanya di papan skor, tepatnya pada menit ke-77. Bek tengah asal Serbia membawa PSS Sleman berbalik unggul via gol tandukan.

Namun, berbeda dari gol pertamanya di laga ini, Maslac berhasil memaksimalkan umpan dari sepak pojok. Bola tandukan bek tengah berusia 30 tahun itu meluncur deras ke arah kanan gawang Persikabo.

Gol ini terbukti menjadi gol terakhir di laga ini sekaligus membawa PSS Sleman membungkam Persikabo. Selain melanjutkan tren positif usai kemenangan, 2-1, atas Borneo FC di laga terakhir, tambahan tiga angka di laga ini membawa Elang Jawa merangsek ke peringkat ke-10 klasemen sementara dengan raihan 14 poin dari 11 laga. Sebelum laga ini, PSS Sleman terpaku di peringkat ke-14.

PSS Sleman hanya terpaut satu poin dari peringkat kesembilan, yang ditempati Persija Jakarta. Sementara buat Persikabo, kekalahan ini membuat tim besutan Igor Kriushenko ini bangkit dari rentetan hasil buruk setelah gagal memetik kemenangan di tiga laga terakhir. Laskar Pajajaran pun terpaksa turun ke peringkat ke-13 dengan koleksi 11 poin dari 11 laga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement