Ahad 07 Nov 2021 04:27 WIB

Brighton dan Newcastle Gagal Keluar dari Tren Nirmenang

Brighton kini sudah melewatkan enam pertandingan tanpa merasakan kemenangan.

Para pemain Brighton merayakan gol (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Para pemain Brighton merayakan gol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Brighton & Hove Albion dan Newcastle United sama-sama gagal keluar dari tren nirmenang setelah bermain imbang 1-1 dalam laga pekan kesebelas Liga Inggris di Stadion Amex, Sabtu waktu setempat (Ahad dini hari WIB). Brighton kini sudah melewatkan enam pertandingan tanpa merasakan satu kemenangan pun.

Namun, tambahan satu poin cukup membuat tim besutan Graham Potter itu naik ke posisi keenam klasemen sementara dengan raihan 17 poin. Hanya saja, posisi Brighton belum sepenuhnya aman sebab Arsenal (17), Tottenham Hotspur (16), Everton (14) dan Leicester City (14) baru main Ahad malam nanti.

Baca Juga

Sedangkan, bagi Newcastle hasil ini membuat mereka jadi satu-satunya tim Liga Inggris yang belum merasakan kemenangan musim ini. Pun demikian, Newcastle bisa kembali mengamankan urutan ke-19 setelah sempat disalip Norwich City, yang menang di laga lebih awal.

Sama-sama memiliki lima poin, Newcastle punya keunggulan selisih gol dibanding Norwich, demikian catatan laman resmi Liga Inggris. Penyerang Brighton, Leandro Trossard, menjadi pemain paling berbahaya di pertandingan kali ini dan membawa tuan rumah memimpin lewat eksekusi penalti pada menit ke-24, setelah dijatuhkan Ciaran Clark di area terlarang.

Trossard punya peluang bagus untuk mencetak gol keduanya pada menit ke-47 setelah menerima umpan terobosan Joel Veltman, tetapi ia gagal menaklukkan kiper Karl Darlow dalam situasi satu lawan satu. Lima menit kemudian ia mengobrak abrik pertahanan Newcastle dan melewati tiga pemain sebelum melepaskan tembakan melengkung yang sayangnya masih melayang tipis di sisi gawang.

Trossard kemudian mengirimkan umpan tarik kepada Adam Lallana sayang tembakan penyelesaian mantan pemain Liverpool itu masih belum menemui sasaran. Newcastle yang perlahan mulai memanfaatkan penguasaan bola dengan lebih baik mampu mencetak gol balasan pada menit ke-66 saat umpan silang Matt Ritchie diteruskan Clark ke muka gawang di mana Isaac Hayden menyambutnya dengan sepakan voli demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Tepat di pengujung waktu normal, Newcastle nyaris menciptakan serangan balik mematikan lewat umpan jauh Joelinton yang bisa dikendalikan Callum Wilson, tetapi kiper Robert Sanchez keluar dari sarangnya untuk melakukan jegalan. Insiden itu disambut wasit David Coote dengan meninjau tayangan ulang sebelum memperlihatkan kartu merah kepada Sanchez.

Brighton sudah menggunakan semua slot pergantian pemain mereka sehingga penyerang Adam Webster mengambil alih sarung tangan dan berjaga di bawah gawang tuan rumah, tetapi Newcastle gagal memanfaatkan keadaan untuk mengubah skor 1-1 yang bertahan hingga bubaran. Selepas jeda internasional, pada 20 November nanti, Brighton akan bertandang ke Villa Park menghadapi Aston Villa dan Newcastle menjamu Brentford di St. James' Park kemungkinan di bawah arahan Eddie Howe sebagai pelatih barunya.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement