Sabtu 06 Nov 2021 21:55 WIB

Kalsel Raih Emas Bulu Tangkis Beregu Putra Peparnas Papua

Kalsel mengalahkan Sumsel 2-1 pada final bulu tangkis beregu putra Peparnas Papua.

Tim bulu tangkis Kalimantan Selatan meluapkan kegembirannya usai memenangi final putra Peparnas Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021). Kalsel meraih medali emas bulutangkis beregu putra setelah mengalahkan Sumsel dengan skor 2-1.
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Tim bulu tangkis Kalimantan Selatan meluapkan kegembirannya usai memenangi final putra Peparnas Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (6/11/2021). Kalsel meraih medali emas bulutangkis beregu putra setelah mengalahkan Sumsel dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih emas pada nomor beregu putra cabang olahraga bulu tangkis di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Hasil ini diraih setelah Muhammad David Amrullah dan kawan-kawan mengalahkan Sumatra Selatan (Sumsel) pada final dengan skor 2-1 di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura, Sabtu (6/11).

Kepastian Kalsel meraih emas setelah ganda putra Muhammad Aditya Marda/Ody Putra Nugraha berhasil mengalahkan wakil Sumsel Edi Amirico/Teguh Ariyanto dengan skor 21-16 dan 21-9. Kalsel sempat tertinggal setelah pada laga pertama Miseran Fauzi kalah dari Reksi Sudarno dengan skor 6-12 dan 10-21. Beruntung pada laga kedua Muhammad David Amrullah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah mengalahkan Cleavrick Hasnami Alleornado dengan skor 21-7, 21-8.

Baca Juga

"Kami bersyukur bisa merebut medali emas bulu tangkis Peparnas tahun ini. Semua pemain tampil bagus dan mampu menjalankan instruksi pelatih dengan baik," kata kepala pelatih bulu tangkis Kalsel Didi Pramono.

Sebelum menjejak final, dalam perjalanannya Kalsel yang mendapat bye meraih kemenangan atas Kalimantan Barat di perempat final dengan skor 2-1. Kemudian pada babak empat besar, tim asuhan Didi Pramono mengalahkan Jawa Barat dengan skor 2-1 sebelum akhirnya melangkah ke final.

"Pada final, kami menurunkan formasi permainan yang tepat. Pemain juga tidak merasa terbeban tampil di final ini," kata Didi yang menyebut prestasi ini meningkat dibanding Peparnas Jawa Barat 2016 dengan raihan perunggu.

Hasil ini merupakan peningkatan prestasi yang luar biasa bagi kategori beregu Kalsel setelah pada Peparnas 2016 hanya mampu merebut medali perunggu. 

“Alhamdulillah, akhirnya kami mampu meraih medali emas Peparnas. Hasil ini sangat melegakan karena pada Peparnas sebelumnya kami hanya mampu meraih medali perunggu. Saya berterima kasih kepada pelatih, orang tua dan suporter yang mendukung kami selama ini,” kata Ody Putra Nugraha.

Sumsel harus puas dengan medali perak. Sementara perunggu bersama diraih Jawa Barat dan Kalimantan Tengah yang terhenti di semifinal.

Setelah rampung memainkan kategori beregu putra, selanjutnya cabang olah raga para bulu tangkis akan memainkan kategori perorangan pada Ahad (7/11), siang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement