Ahad 07 Nov 2021 06:30 WIB

LSF: Eternals Tayang dengan Klasifikasi R13

LSF memastikan adegan Eternals telah sesuai dengan sosial budaya masyarakat.

Rep: Ali Mansur/ Red: Reiny Dwinanda
Film Eternals. Sejumlah negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Qatar, menolak memutar film Eternals.
Foto: Marvel.
Film Eternals. Sejumlah negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Qatar, menolak memutar film Eternals.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Sensor Film (LSF) mengonfirmasikan bahwa film Eternals telah lulus sensor dengan klasifikasi usia penonton 13 tahun ke atas (R13). Penayangan film produksi Marvel Studios itu juga sudah disesuaikan dengan sosial budaya masyarakat Indonesia.

"LSF mengapresiasi sutradara dan produser film Marvel karena untuk penayangan di sini, mereka telah menyesuaikan dengan kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia," ujar Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (6/11).

Baca Juga

Menurut Rommy, penyesuaian tersebut merupakan bentuk pemahaman dan kesadaran yang baik dari dunia industri perfilman internasional. Ia menyebut, film yang diputar di Indonesia harus  memandang pasar dan regulasi yang berlaku.

"Film Eternals yang mereka kirimkan untuk disensor ke LSF sudah disesuaikan, dan LSF memberi penghargaan kepada sutradara dan produser filmnya," ungkap Rommy.

Eternals memperkenalkan jajaran karakter adiwira dan penjahat baru ke timeline Marvel Cinematic Universe (MCU). Film garapan sutradara Chloe Zhao ini mengisahkan sekelompok pahlawan super yang sudah ada sejak awal peradaban manusia.

Eternals yang tersebar di berbagai tempat kembali bersatu untuk mengalahkan musuh tertua umat manusia yang tergabung dalam The Deviants. Film Eternals tak akan ditayangkan di Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lain, yaitu Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Oman karena pihak Marvel menolak sensor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement