Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Babak I, MU Tertinggal 0-2 dari City pada Derby Manchester

Sabtu 06 Nov 2021 20:23 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Bek Manchester United Eric Bailly (kanan) mencetak gol bunuh diri dalam laga derby Manchester kontra Manchester City di Stadion Old Trafford, Sabtu (6/11).

Bek Manchester United Eric Bailly (kanan) mencetak gol bunuh diri dalam laga derby Manchester kontra Manchester City di Stadion Old Trafford, Sabtu (6/11).

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Man City memimpin 1-0 atas Manchester United pada derby Manchester di Old Trafford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) dalam tekanan dalam laga derby Manchester. MU tertinggal 0-2 dari rival sekotanya Manchester City pada babak pertama pertandingan di Old Trafford, Sabtu (6/11) malam WIB. City membuka skor lewat bunuh diri Eric Bailly. Bernardo Silva kemudian menambah keunggulan City pada pengujung babak pertama.

Tim tuan rumah mendapatkan peluang emas pertama pada menit keenam. Namun, bola hasil sundulan Harry Maguire memanfaatkan tendangan bebas Luke Shaw melambung di atas mistar gawang the Citizens. 

Baca Juga

City langsung merespons dengan mengancam gawang United via umpan lambung Kyle Walker yang diarahkan ke tiang jauh. Ilkay Guendogan yang berusaha memaksimalkan umpan tersebut gagal menjangkau bola. Namun, City bisa kembali menguasai kendali bola dan melancarkan serangan berikutnya. Serangan inilah yang kemudian berbuah maksimal. Joao Cancelo mampu melepaskan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan United. Bola yang jatuh di tiang dekat coba disapu oleh bek tengah United, Eric Bailly. Alih-alih meninggalkan lapangan, bola malah meluncur masuk ke dalam gawang Setan Merah. 

Bailly tercatat menjadi pemain United pertama yang mencetak gol bunuh diri pada derby Manchester di Liga Primer Inggris. Gol ini juga memperpanjang rekor buruk pertahanan United saban kali tampil di Old Trafford, yang selalu kebobolan dalam 14 partai kandang terakhir di semua ajang. 

Unggul satu gol saat laga menginjak menit ketujuh tidak membuat City mengendurkan serangan. Tim besutan Pep Guardiola itu terus menguasai kendali bola. Sedangkan United belum bisa secara nyaman mengembangkan permainan. Cristiano Ronaldo belum mendapatkan pasokan bola dari para gelandang United. 

Ronaldo baru mendapatkan peluang pada menit ke-26. Namun, sepakan kaki kiri Ronaldo usai memanfatkan umpan lambung Shaw masih bisa digagalkan oleh Ederson. Tidak lama berselang, giliran kiper United David De Gea yang melakukan dua penyelamatan gemilang hanya dalam rentang waktu kurang dari dua menit. Sepakan keras Gabriel Jesus dari dalam kotak penalti bisa dimentahkan oleh kiper asal Spanyol itu. Begitu pula dengan tendangan keras Cancelo dari luar kotak penalti. Eks kiper Atletico Madrid itu benar-benar bekerja keras di laga ini. Pada menit ke-33, City nyaris kembali unggul lewat gol bunuh diri Victor Lindelof usai menghalau umpan Phil Foden. Beruntung, laju bola halauan Lindelof yang mengarah ke gawang United berhasil dihentikan De Gea. 

Satu menit berselang, De Gea kembali mementahkan peluang City. De Gea menepis tendangan keras Kevin De Bruyne dari luar kotak penalti. Hingga laga memasuki menit ke-38, kiper berusia 30 tahun itu telah melakukan lima penyelamatan penting. 

Namun, De Gea tidak bisa berbuat banyak saat Bernardo Silva berhasil memaksimalkan umpan dari lambung dari Cancelo yang mengincar tiang jauh. Gol Bernardo Silva pada menit ke-45 itu sekaligus menutup babak pertama dalam laga di Stadion Old Trafford tersebut. 

Daftar Susunan Pemain

Manchester United (3-5-2) 

Davi De Gea; Harry Maguire, Eric Bailly, Victor Lindelof; Luke Shaw, Fred, McTominay, Bruno Fernandes, Aaron-Wan Bissaka; Mason Greenwood, Cristiano Ronaldo

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer 

Manchester City (4-3-3) 

Ederson Moraes, Joao Cancelo, Ruben Dias, John Stones, Kyle Walker; Berardo Silva, Rodri, Ilkay Guendogan; Phil Foden, Gabriel Jesus, Kevin De Bruyne 

Pelatih: Pep Guardiola 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA