Jumat 05 Nov 2021 20:10 WIB

6 Sosok Ini Disebut Memiliki Kemiripan dengan Rasulullah SAW

Kemiripan tersebut menyerupai fisik dan akhlak Rasulullah SAW

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Kemiripan tersebut menyerupai fisik dan akhlak Rasulullah SAW. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Kemiripan tersebut menyerupai fisik dan akhlak Rasulullah SAW. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah, Muhammad SAW, adalah sosok yang sempurna. Baik fisik ataupun akhlaknya. 

Kendati demikian, ada sejumlah sosok yang disebut mempunyai kemiripin fisik dengan Rasulullah. Beberapa di antaranya memiliki kedekatan dengan Rasulullah SAW dari segi nasab. 

Baca Juga

Pertama, di antara mereka, yang paling mirip ialah Nabi Ibrahim AS. Nabi Muhammad SAW menggambarkan penampilannya kepada para sahabatnya, dan mengatakan bahwa Nabi Ibrahim adalah yang paling mirip dengan Nabi Muhammad. Dari Jabir RA, Nabi SAW bersabda: 

وَقَدْ رَأَيْتُنِي فِي جَمَاعَةٍ مِنَ الأَنْبِيَاءِ فَإِذَا مُوسَى قَائِمٌ يُصَلِّي فَإِذَا رَجُلٌ ضَرْبٌ جَعْدٌ كَأَنَّهُ مِنْ رِجَالِ شَنُوءَةَ وَإِذَا عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ - عَلَيْهِ السَّلاَمُ - قَائِمٌ يُصَلِّي أَقْرَبُ النَّاسِ بِهِ شَبَهًا عُرْوَةُ بْنُ مَسْعُودٍ الثَّقَفِيُّ وَإِذَا إِبْرَاهِيمُ - عَلَيْهِ السَّلاَمُ - قَائِمٌ يُصَلِّي أَشْبَهُ النَّاسِ بِهِ صَاحِبُكُمْ - يَعْنِي نَفْسَهُ

 "…Para Nabi pernah diperlihatkan kepadaku. Aku melihat Musa AS mirip dengan Syanuah (nama kabilah di Yaman) yang berpostur tegap. Aku melihat Isa ibnu Maryam AS ternyata mirip Urwah ibnu Masud. Dan aku melihat Ibrahim AS yang mirip dengan orang yang bersama kalian ini (Rasulullah SAW sendiri). Kemudian aku melihat Jibril AS yang mirip dengan Dihyah." (HR Muslim, Tirmidzi dan Ahmad)

Kedua, adalah Jafar bin Abi Thalib. Jafar adalah sepupu Rasulullah SAW, dengan nasab yaitu bin Abi Thalib bin Abdul Manaf bin Abdul Muthalib. Dari Al Bara bin Azib, Nabi SAW berkata kepada Jafar: 

أشبهت خُلُقي وخَلْقي "Rupa dan perilakumu mirip denganku." (HR Bukhari)

Jafar termasuk di antara orang-orang yang pertama masuk Islam dan ikut berhijrah bersama Rasulullah. Dia mati syahid di medang pertempuran Mutah.

Ketiga, ialah Hasan bin Ali. Ini diketahui berdasarkan Musnad Ahmad. Dari Uqbah bin Al Harits, dia berkata: 

"Aku melihat Abu Bakar sedang menggendong Hassan yang sebelumnya bermain dengan anak-anak sebayanya. Abu Bakar berkata, 'Ayahku menjadi tebusannya, dia (Hassan) mirip Nabi, bukan mirip Ali.'" Mendengar hal itu, Ali pun tertawa. 

Keempat, adalah Abu Sufyan bin Al Harits yang merupakan sepupu Rasulullah SAW. Dia adalah ayah dari Muawiyah. Diriwayatkan dari Abdullah bin Al Harits bin Naufal, bahwa Abu Sofyan bin Al Harits diserupakan dengan Nabi SAW. 

Kelima, ialah Al Saib bin Ubaid. Lengkapnya adalah Al Saib bin Ubaid bin Abd Yazid bin Hashim bin Abdul Muthalib. Rupanya, nama kelima yang mirip Nabi Muhammad ini adalah kakek dari Imam Asy Syafii, salah satu dari empat imam mazhab.

Dalam kitab al-Nasb, Al Zubair menyampaikan bahwa Ubaid bin Abd Yazid Al Saib lahir dan diserupakan dengan Nabi Muhammad. Al Kalbi juga menyebut Al Saib punya kemiripan dengan Nabi SAW. 

Keenam, adalah Qutsm bin Abbas bin Abdul Muthalib. Nama terakhir ini juga sepupu Rasulullah SAW. Dia masuk Islam ketika masih muda, dan ia adalah saudara dari Hussein bin Ali karena sepersusuan. 

Al Dzahabi mengatakan, Qutsm punya kemiripan dengan Nabi Muhammad SAW. Al Abbas bin Abdul Muthallib pun biasa melihat kemiripan itu. 

 

Sumber: masrawy

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement