Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Selandia Baru Tambahkan Baricitinib sebagai Obat Covid-19

Sabtu 06 Nov 2021 05:01 WIB

Red: Esthi Maharani

Selandia Baru terbaik tangani Covid-19 (ilustrasi)

Selandia Baru terbaik tangani Covid-19 (ilustrasi)

Foto: republika
Baricitinib dinilai ampuh melawan virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Menteri Kesehatan Selandia Baru, Andrew Little mengatakan penambahan obat Covid-19 baru untuk persediaan di Selandia Baru menjadi kabar baik bagi pasien dan sistem kesehatan. Badan konsumen obat-obatan nasional Pharmac mengamankan pasokan Baricitinib yang terlihat ampuh melawan virus corona.

"Baricitinib menjadi obat kelima yang diamankan oleh Pharmac dan menambah daftar obat remdesivir, tocilizumab, molnupiravir dan Ronapreve sebagai pengobatan yang dapat dilakukan oleh dokter untuk membantu masyarakat dengan berbagai gejala Covid-19," katanya, Jumat (5/11)

Seperti halnya tocilizumab, baricitinib dapat digunakan untuk mengobati pasien gejala berat sebab obat tersebut mengurangi keparahan gejala dan mempersingkat rawat inap serta menurunkan risiko kematian.

Pharmac berharap dapat memperoleh 500 dosis baricitinib pada November ini, yang menjadi penting karena terjadi kelangkaan global tocilizumab.

"Obat baricitinib juga menjadi opsi lain bagi para dokter," katanya.

Pembiayaan seluruh kelima obat tersebut akan dialokasikan dari dana penanganan Covid-19 pemerintah. Meski begitu, obat tersebut belum direstui oleh Medsafe untuk digunakan dalam pengobatan Covid-19, namun para dokter bisa menggunakannya langsung berdasarkan Bab 25 Undang-Undang tentang Obat.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA