Satgas Minta Daerah Perluas Layanan Tes Antigen

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda

Tenaga kesehatan mengarahkan pengendara motor untuk tes cepat (rapid test) Antigen Covid-19 secara gratis di Kantor Kalurahan Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Tenaga kesehatan mengarahkan pengendara motor untuk tes cepat (rapid test) Antigen Covid-19 secara gratis di Kantor Kalurahan Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. | Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berharap, pemerintah daerah (pemda) mendukung perluasan layanan tes antigen di tiap daerah. Wiku mengatakan, hal ini untuk mendukung fleksibilitas perjalanan masyarakat ke berbagai tempat yang membutuhkan minimal tes antigen.

"Pemerintah daerah diharapkan dapat mendukung fleksibilitas perjalanan masyarakat dengan perluasan layanan tes antigen di tiap daerah," ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring, Kamis (4/11).

Baca Juga

Wiku mengatakan, pemerintah saat ini juga berusaha keras meningkatkan aksesibilitas tes diagnostik secara merata di Indonesia. Untuk itu, Kementerian Kesehatan berupaya terus memperluas cakupan laboratorium PCR.

Namun demikian, ia berharap, masyarakat dapat mempersiapkan hasil tes Covid-19 dan bukti vaksinasi dengan baik sebelum datang ke pintu keberangkatan. Hal ini agar tidak menimbulkan antrean dan kerumunan.

"Selain itu untuk mengantispasi perbedaan pencatatan data dalam aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dapat meminta bukti vaksinasi ke vaksinator untuk kemudahan berpergian," katanya.

Terkait


Tes Antigen Jadi Metode Skrining, Satgas: Tergantung Situasi

Naik Pesawat di Pulau Jawa dan Bali Wajib Tes Antigen

Penumpang Pesawat Luar Jawa-Bali Diizinkan Pakai Antigen

Wiku: Pertimbangan Metode Testing Covid-19 Sangat Dinamis

Tugas Pengendalian Covid-19 Akhirnya 'Kembali' ke Menko PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image