Sabtu 06 Nov 2021 05:40 WIB

Jeff Bezos Akui dapat Hidayah Usai ke Luar Angkasa

Bos Amazon Jeff Bezos mengatakan perjalanannya ke luar angkasa memberikannya hidayah

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Jeff Bezos Akui Dapat Hidayah Selamatkan Dunia Usai Terbang ke Luar Angkasa (Foto: Instagram/Jeff Bezos)
Jeff Bezos Akui Dapat Hidayah Selamatkan Dunia Usai Terbang ke Luar Angkasa (Foto: Instagram/Jeff Bezos)

Pendiri Amazon Jeff Bezos mengatakan perjalanannya ke luar angkasa memberikannya hidayah untuk menyelamatkan dunia. Baru-baru ini, Bezos tergerak untuk mengambil tindakan dan menjanjikan USD2 miliar (Rp28,7 triliun) guna memerangi perubahan iklim.

Bezos membuat pengumuman tersebut saat berbicara di konferensi iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, yang juga dihadiri oleh para pemimpin dunia

Melansir Newsweek di Jakarta, Kamis (4/11/21) Bezos mengatakan kepada peserta konferensi bahwa kerentanan Bumi terlihat saat ia berada di atas kapal roket New Shepard selama 10 menit penerbangan suborbitalnya.

Baca Juga: Pesta Mewah Bill Gates yang Undang Jeff Bezos Dikritik, Sampai Dibilang Munafik! Lho, Ada Apa?

"Saya diberitahu bahwa melihat Bumi dari luar angkasa mengubah lensa dari mana Anda melihat dunia. Tapi saya tidak siap untuk seberapa banyak itu akan benar," kata Bezos, melalui kantor berita Press Association.

"Melihat kembali Bumi dari atas sana, atmosfer tampak begitu tipis, dunia begitu terbatas dan rapuh. Sekarang, di tahun kritis ini dan apa yang kita semua tahu adalah dekade yang menentukan, kita semua harus berdiri bersama untuk melindungi dunia kita." lanjutnya.

Saat mengumumkan janji di sebuah acara tentang melindungi dan memulihkan hutan dan lahan, Bezos mengatakan dua pertiga dari tanah Afrika telah terdegradasi tetapi menurutnya bisa diperbaiki.

“Kita harus melestarikan apa yang masih kita miliki, kita harus memulihkan apa yang telah hilang dan kita harus menumbuhkan apa yang kita butuhkan untuk hidup tanpa merusak planet ini untuk generasi mendatang. Restorasi dapat meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan hasil panen dan meningkatkan ketahanan pangan, membuat air lebih dapat diandalkan, menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sementara juga menyerap karbon." ujar Bezos.

Miliarder itu mengatakan uang dari Bezos Earth Fund miliknya adalah bagian dari komitmen USD10 miliar (Rp143 triliun) untuk memerangi perubahan iklim selama dekade berikutnya.

Pada bulan September lalu, Bezos berjanji untuk memberikan hibah USD1 miliar (Rp14,3 triliun) tahun ini untuk mendukung upaya konservasi, setelah membuat pernyataan serupa tentang terinspirasi oleh perjalanannya ke luar angkasa.

"Bersama-sama, janji senilai USD3 miliar ini akan mendorong agenda alam tiga kali lipat baru untuk Bezos Earth Fund, yang berfokus secara bersamaan pada konservasi, restorasi, dan transformasi makanan," kata Bezos melalui CNBC. "Kita harus melestarikan apa yang masih kita miliki, kita harus memulihkan apa yang telah hilang dan kita harus menumbuhkan apa yang kita butuhkan untuk hidup tanpa merusak planet ini untuk generasi mendatang."

Sebelumnya, Bezos dan Richard Branson yang juga ke luar angkasa, dikecam keras karena menggunakan kekayaan mereka untuk petualangan luar angkasa dan tidak membantu masalah kemanusiaan atau perubahan iklim.

Bezos, para pemimpin dunia, dan VIP lainnya yang menghadiri KTT di Glasgow juga dituduh munafik karena membahas untuk memerangi perubahan iklim dengan terbang menggunakan jet pribadi.

"Rata-rata jet pribadi, dan kita tidak berbicara Air Force One, memancarkan dua ton CO2 untuk setiap jam dalam penerbangan." ujar Matt Fincs dari kelompok kampanye Transportasi dan Lingkungan Inggris.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement