Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Emirates akan Buka Penerbangan Harian Dubai-Tel Aviv

Jumat 05 Nov 2021 05:50 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Emirates akan Buka Penerbangan Harian Dubai-Tel Aviv

Emirates akan Buka Penerbangan Harian Dubai-Tel Aviv

Foto: Dok Emirates
Penerbangan harian ini disebut sebagai tanda terbaru normalisasi hubungan UEA-Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Maskapai Uni Emirat Arab (UEA) Emirates akan memulai penerbangan harian antara Dubai dan Tel Aviv pada Sabtu (6/11). Penerbangan harian ini disebut sebagai tanda terbaru dari memperdalam hubungan sejak UEA dan Israel dalam menormalkan hubungan pada September tahun lalu.

Dilansir dari The New Arab, Kamis (4/11), maskapai yang berbasis di Dubai itu dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia mengatakan, layanan baru itu juga akan menghubungkan Israel secara lebih baik dengan jaringan rute globalnya.

Baca Juga

Maskapai penerbangan bertarif rendah Fly Dubai meluncurkan penerbangan komersial pertama antara Tel Aviv dan Dubai hanya beberapa bulan setelah kesepakatan tahun lalu. Maskapai penerbangan Etihad yang berbasis di Abu Dhabi dan maskapai Israel Arkia sekarang juga menawarkan penerbangan reguler.

Normalisasi UEA dari hubungannya dengan Israel, dalam kesepakatan yang ditengahi oleh pemerintahan Presiden AS Donald Trump, melanggar konsensus Arab selama beberapa dekade. Hal ini membuat marah warga Palestina dan pendukung mereka yang menunjukkan bahwa kesepakatan itu memberi penghargaan kepada Israel sementara terus menduduki Palestina secara ilegal dan mengepung Jalur Gaza.

Negara-negara lain yang sebelumnya mengikuti konsensus Arab, kemudian juga mengikuti langkah UEA, antara lain Maroko dan Sudan. Seiring normalisasi, beragam manfaat ekonomi datang dengan cepat kepada UEA dan Israel, yang tlah menandatangani serangkaian kesepakatan mulai dari sektor pariwisata, penerbangan, hingga jasa keuangan. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA