Kamis 04 Nov 2021 18:11 WIB

Bacaan Dzikir  yang Jika Diamalkan Raih 3 Anugerah Ilahi  

Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan. Ilustrasi beristighfar
Foto: Republika/Raisan Al Farisi/ca
Istighfar atau meminta ampunan mempunyai banyak keutamaan. Ilustrasi beristighfar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendakwah Islam, Dr Amr Khaled, mengungkapkan tiga anugerah besar yang akan diberikan Allah SWT apabila umat Islam membaca sebuah ddzikir  khusus setiap harinya.

Dilansir di Masrawy, Kamis (4/11), Amr Khaled menjelaskan tentang tiga anugerah Allah jika membaca ddzikir  khusus tersebut. Dia menjelaskan bahwa umat Islam dianjurkan untuk memohon ampunan atau istighfar dan mengingat (berdzikir ) Allah sebanyak-banyaknya.

Baca Juga

Hal ini sebagaimana yang disebutka dalam Alquran dan juga hadits Nabi, bukan perkataan siapapun apalagi omong kosong belaka. Dia mengutip sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas sebagai berikut, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

عنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضِي اللَّه عنْهُما قَال: قالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ:" منْ لَزِم الاسْتِغْفَار، جَعَلَ اللَّه لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مخْرجًا، ومنْ كُلِّ هَمٍّ فَرجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ".. رواه أبو داود

 

“Man lazimal-istighfar, ja’alalallahu lahu min kulli dhiqin makhrujan, wa min kulli hammin farajan, wa min kulli dhiqin makhrajan wa razaqahu min haitsu laa yahtasib.”

Yang artinya, “Barang siapa yang menekuni istighfar maka Allah akan menjadikan dari setiap kesedihan (menjadi) kelonggaran, dan dari setiap kesempitan ada jalan keluar, dan (Allah) memberi rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR Abu Dawud) 

Amr Khaled menambahkan, bahwa siapapun yang membutuhkan pengampunan, maka Allah SWT akan memberinya tiga anugerah kepadanya, antara lain:

Pertama, Allah memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan. Kedua, Allah akan memberikan kelonggaran (membebaskannya) dari kesedihannya. Ketiga, Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka.

Dia menambahkan bahawa terdapat hubungan antara rezeki dan permohonan ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah SWT menciptakan penghalang antara karunianya dengan orang yang belum bertaubat. Ketika seseorang berlatih mencari dan memohon ampunan kepada Allah, maka penghalang tersebut pun akan diangkat dan dihilangkan.

Khaled menjelaskan bahwa banyak sekali permohonan ampun yang membuat seorang hamba menjadi bertakwa kepada Allah SWT. Dan kepadanya senantiasa dinaungi rasa takut kepada Allah. Sehingga demikian, kata dia, rezeki akan datang menghampiri.    

 

Sumber: masrawy

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement