Kamis 04 Nov 2021 16:22 WIB

Dharma Wanita Kalsel Gelar Pelatihan Pelaporan Digital

E-reporting bertujuan sebagai bentuk tertib laporan program kerja Dharma Wanita

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyelenggarakan Pelatihan E-Reporting Laporan Pelaksana Program Kerja di Ruang H Maksid, Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Kamis (4/11).
Foto: Pemprov Kalsel
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyelenggarakan Pelatihan E-Reporting Laporan Pelaksana Program Kerja di Ruang H Maksid, Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Kamis (4/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menyelenggarakan Pelatihan E-Reporting Laporan Pelaksana Program Kerja di Ruang H Maksid, Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Kamis (4/11). Ketua DWP Kalsel Aminatus Alifah Roy Rizali Anwar menyebutkan, kegiatan ini diikuti oleh 41 peserta dari unsur pelaksana lingkup SKPD Pemprov Kalsel dan instansi vertikal.

Aminatus Alifah dalam sambutannya menjelaskan, e-reporting bertujuan sebagai bentuk tertib laporan program kerja Dharma Wanita. E-reporting merupakan pelaporan berbasis digital. Metode pelaporan ini mulai diaplikasikan oleh Dharma Wanita Pusat sejak beberapa tahun terakhir dan terus disosialisasikan DWP di tingkat daerah kepada unsur pelaksananya.

Baca Juga

"Semua yang telah diinput akan ditampilkan di sistem e-reporting kami, kemudian akan kami teruskan ke sistem e-reporting Dharma Wanita Persatuan Pusat," ujar Ketua DWP Kalsel.

Sekretaris DWP Kalsel Rusnawati Hermansyah hadir sebagai narasumber. Ia mengatakan, e-reporting akan mempersingkat waktu pengiriman laporan pelaksana program kerja.

Pelaporan akan diteruskan secara berjenjang, mulai dari kabupaten kota, provinsi, hingga pusat. Seluruh data akan terkoneksi dan menjadi bahan evaluasi.

"Di DWP Pusat akan terlihat aktivitas pengiriman data dari unsur pelaksana, untuk menjadi bahan evaluasi dan perencanaan kerja tahun berikutnya," papar Rusnawati melalui presentasinya.

Dilaporkan, peringkat DWP Kalsel dalam hal e-reporting LPPK saat ini berada di bawah lima besar. Dengan penginputan yang semakin baik, Rusnawati berharap peringkat DWP Kalsel bisa meningkat.

"Istilahnya, inilah kiprah kita di Kalsel, bahwa DWP Kalsel punya semangat untuk terus bergerak, baik di bidang pendidikan, ekonomi, dan sebagainya," ujarnya.

Usai mendapatkan arahan teknis, peserta langsung praktik dengan bimbingan dari narasumber berikutnya. Kegiatan ditutup dengan penyerahan doorprize bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan panita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement