Kamis 04 Nov 2021 14:12 WIB

Dasco: Fit and Proper Test Andika Direncanakan Besok

Dasco memastikan, fit and proper test bisa selesai dalam sehari.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan media di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (11/10).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan media di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (11/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa,  tak jadi digelar hari ini. Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, fit and proper test baru akan dilaksanakan besok, Jumat (5/11).

"Hari ini adalah rapat internal kemudian  direncanakan besok adalah fit and proper test yang dilaksanakan oleh Komisi I," kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/11).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan masuk masa pensiun per November 2021 ini. Dasco memastikan, fit and proper test bisa selesai dalam sehari.

"Kalau menurut pengalaman yang ada, fit and proper test tidak lebih dari satu hari, karena calon tunggal, kalau lebih dari satu bisa lebih dari satu hari," ucapnya.

"Nanti kita lihat saja mudah-mudahan lancar dan tidak ada satu apapun," imbuhnya.

Kabar digelarnya fit and proper test awalnya disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dikatakan Puan, hal tersebut juga sudah disetujui dalam bamus.

"Begitu Surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat," kata Puan Rabu (3/11).

Sementara itu Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengungkapkan, pihaknya akan menggelar rapat internal terkait jadwal uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Panglima TNI. Rapat internal digelar hari ini pukul 14.00 hari ini, Kamis (4/11). 

"Rapat internal yang diikuti seluruh anggota komisi I akan memutuskan kapan Fit and Proper diadakan," kata Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid kepada wartawan, Rabu (3/11).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement