Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Mahfud Sebut Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi Sudah Tepat

Kamis 04 Nov 2021 06:04 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita

Menko Polhukam Mahfud MD.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Foto: ABRIAWAN ABHE/ANTARA FOTO
Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang pensiun pada akhir November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai, pertimbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI tentu didasarkan pada tantangan dan kebutuhan aktual yang komprehensif sekarang ini. Karena itu, Mahfud menyebut, keputusan Jokowi sudah tepat.

"Pilihan Presiden sudah tepat dan mantap sesuai dengan hak prerogatifnya, beliau tidak diombang-ambingkan oleh opini yang tidak relevan," kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (3/11).

Baca Juga

Mahfud mengatakan, dari sudut kompetensi dan profesionalitas, sosok Andika Perkasa sangat berkualitas. Ia menjelaskan, jika seorang perwira TNI sudah menjabat pada posisi kepala staf angkatan, baik darat, laut, maupun udara maka ia merupakan orang yang terbaik dari masing-masing matra.

"Pak Andika itu tegas tapi penuh senyum dan selalu correct. Sama dengan Pak Hadi Tjahjanto, keduanya merupakan tentara yang profesional, humanis, dan kental dengan kultur Indonesia," kata Mahfud.

"Bagi saya sebagai Menko Polhukam yang sudah dua tahun bekerjasama dengan Pak Andika rasanya cocok, tinggal melanjutkan apa-apa yang sudah kita kerjakan bersama dengan Pak Hadi Tjahjanto," imbuhnya.

DPR RI resmi menerima Surat Presiden (Surpres) Pengganti Panglima TNI. Nama calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan pemerintah, yaitu Jenderal TNI Andika Perkasa. "Pada hari ini melalui Mensesneg Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa S.E., M.A.. M.SC.," kata Ketua DPR, Puan Maharani, Rabu (3/11).

Puan mengatakan DPR akan menindaklanjuti Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI tersebut melalui rapat pimpinan untuk kemudian dilakukan rapat paripurna. Sementara fit and proper test akan dilakukan Komisi I DPR RI. Andika akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA