Rabu 03 Nov 2021 22:27 WIB

Kawasaki Frontale Resmi Juara Meiji Yasuda J1 League 2021

Kawasaki Frontale bermain imbang 1-1 dengan Urawa Red Diamonds.

Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2021.
Foto: Dok J league
Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasaki Frontale resmi menjadi juara Meiji Yasuda J1 League 2021. Hasil ini dipastikan usai meraih hasil imbang 1-1 saat menjamu Urawa Red Diamonds, Rabu (3/11) siang waktu Jepang.

Pada laga di Todoroki Stadium, Kawasaki Frontale unggul lewat gol Jesiel pada menit ke-33. Urawa Red Diamonds kemudian menyamakan kedudukan lewat gol Hiroki Sakai semenit jelang bubaran.

Baca Juga

Kepastian juara Kawasaki Frontale ditentukan oleh kekalahan peringkat kedua, Yokohama F. Marinos. Pada waktu yang sama, Marinos kalah 0-1 dari Gamba Osaka via gol Shu Kurata (55').

Kekalahan ini membuat Marinos tetap punya 72 poin, dengan empat laga tersisa. Artinya, secara matematis Marinos sudah tidak bisa menyalip torehan poin Kawasaki Frontale.

Bagi Frontale, ini merupakan gelar Meiji Yasuda J1 League keempat mereka dalam lima musim terakhir. Frontale juara pada musim 2017, 2018, 2020, dan 2021.

Kawasaki Frontale menyamai catatan Yokohama F. Marinos yang juga empat kali juara. Keduanya hanya kalah dari Kashima Antlers yang pernah delapan kali juara Liga Jepang.

Leandro Damiao masih jadi andalan di depan, ia mencetak 17 gol di J1 League musim ini, dan jadi top skor sementara bersama Daizen Maeda (Yokohama F. Marinos). Damiao juga mencatatkan sembilan assist.

Pemain sayap kanan, Akihiro Ienaga, dan bek kanan, Miki Yamane, jadi pemain yang paling banyak turun berlaga, tampil 33 kali dari 34 laga musim ini.

Dua andalan mereka pada awal musim, Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf) dan Kaoru Mitoma (Brighton), sudah pindah ke Eropa musim panas lalu alias di tengah musim Liga Jepang.

Ini juga menjadi gelar keempat pelatih Toru Oniki yang mulai menukangi Frontale mulai tahun 2017 lalu.

Berikut ini daftar juara J1 League:

8 Gelar - Kashima Antlers

4 Gelar - Yokohama F. Marinos, Kawasaki Frontale

3 Gelar - Jubilo Iwata, Sanfrecce Hiroshima

2 Gelar - Gamba Osaka, Tokyo Verdy

1 Gelar - Urawa Red Diamonds, Nagoya Grampus, Kashiwa Reysol

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement