Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Inovasi Teknologi Dorong Percepatan Transformasi Digital

Rabu 03 Nov 2021 22:05 WIB

Red: Gita Amanda

Dr Dwiza Riana, rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, Aptikom merupakan wadah bagi seluruh perguruan tinggi yang aktif di bidang teknologi informasi dan komputer.

Dr Dwiza Riana, rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, Aptikom merupakan wadah bagi seluruh perguruan tinggi yang aktif di bidang teknologi informasi dan komputer.

Foto: Universitas Nusa Mandiri
Inovasi di bidang teknologi saat ini telah berkembang cukup pesat seiring kebutuhan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Perguruan tinggi menjadi awal terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mendorong percepatan transformasi digital. Kampus dengan latar belakang teknologi informasi dan komputer, menjadi salah satu motivator utama dalam pelaksanaan tranformasi digital tersebut.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) merupakan perguruan tinggi berbasis inovasi teknologi infomasi didukung dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, yang sedang berkembang saat ini. Dalam perannya menjadi penyelenggara utama kegiatan Rakornas Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) 2021, tentunya berharap dapat terus berkolaborasi dengan seluruh perguruan tinggi lainnya, yang ada di Indonesia untuk mendukung akselerasi tranformasi digital.

Baca Juga

Dr Dwiza Riana, rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, Aptikom merupakan wadah bagi seluruh perguruan tinggi yang aktif di bidang teknologi informasi dan komputer. Bersama bersinergi memberi peran demi mewujudkan automatisasi dan digitalisasi di segala aspek kehidupan masyarakat.

“Inovasi di bidang teknologi, saat ini telah berkembang cukup pesat, seiring dengan kebutuhan masyarakat yang kian berkembang. Tentunya, perguruan tinggi yang senantiasa mengunggulkan inovasi di bidang teknologi, akan mengambil peran cukup penting pada seluruh peluang yang ada,” katanya pada media, Rabu (3/11).

Oleh karena itu, lanjutnya, Universitas Nusa Mandiri (UNM) siap mengambil peran tersebut guna menyiapkan SDM-SDM unggul di bidang teknologi informasi. Agar percepatan tranformasi digital ini dapat dicapai dengan cukup baik.

“Berbagai upaya UNM telah mulai berjalan, seperti berkolaborasi dengan dunia industri guna menyiapkan lulusan yang berkualitas dan berkompeten, melalui kerja sama magang bersertifikat, menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri, guna melaksanakan program pertukaran pelajar. Dengan kegiatan ini, akan memberi pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga bagi mahasiswa,” tandasnya.

UNM pun, imbuhnya, telah memiliki beberapa wadah pembinaan secara internal di Universitas Nusa Mandiri (UNM) guna memotivasi dan membimbing mahasiswa agar lebih siap lagi menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Seperti wadah Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC), Nusamandiri Career Center (NCC), Nusamandiri Inovation Center (NIC), dan Nusamandiri Startup Center (NSC).

“Wadah-wadah untuk membina dan mendorong mahasiswa dalam upaya menumbuhkan semangat berinovasi dan meningkatkan kreativitas, agar mahasiswa terbiasa dengan perkembangan teknologi digital yang tumbuh begitu cepat. Sehingga, diharapkan mahasiswa mampu dan siap menjawab segala tantangan yang ada,” ujarnya.

Peran serta Universitas Nusa Mandiri (UNM), ungkapnya dalam kegiatan Rakornas Aptikom 2021 ini memantapkan visi misi Universitas Nusa Mandiri (UNM) dalam upaya menciptakan lulusan yang berkualitas dan unggul di bidang teknologi digital.

“Sinergi dengan tujuan dari Aptikom dalam upaya melaksanakan percepatan tranformasi digital, Universitas Nusa Mandiri (UNM) telah merancang semua kurikulum yang dibutuhkan guna mendukung tujuan tersebut,” tutupnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA