Rabu 03 Nov 2021 21:40 WIB

Penyebab Gagal Jantung pada Usia Muda

Di Indonesia, kondisi gagal jantung pada usia muda kerap terjadi pada laki-laki.

Penyebab gagal jantung pada usia muda (ilustrasi).
Foto: Republika
Penyebab gagal jantung pada usia muda (ilustrasi).

Oleh: Meiliza Laveda, Desy Susilawati, Rahma Sulistya

REPUBLIKA.CO.ID, Aktris sinetron Hanna Kirana meninggal dunia akibat gagal jantung pada Selasa (2/11) malam. Salah satu yang menyedot perhatian adalah penyebabmeninggalnya gadis usia 18 tahun tersebut yaitu gagal jantung. 

Baca Juga

Almarhumah Hanna mungkin bukan satu-satunya anak muda yang mengembuskan napas terakhirnya usai mengalami gagal jantung. Kondisi gagal jantung dapat menyerang siapa pun, termasuk mereka yang masih berusia muda.

Dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Habibie Arifianto, mengatakan ada tiga faktor kondisi gagal jantung dapat dialami seseorang yang masih berusia muda atau di bawah 40 tahun. “Pertama sudah ada penyakit jantung bawaan sejak lahir yang tidak ditangani dengan baik. Itu akan jatuh dalam kondisi gagal jantung,” kata Habibie kepada Republika.co.id, Rabu (3/11).

Penyakit jantung bawaan ini biasanya sudah diketahui sejak bayi baru lahir. Misal dapat dilihat dari kondisi tubuh bayi biru atau mudah sesak. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, segera dioperasi atau dilakukan tindakan katerisasi. Semakin awal melakukan intervensi akan semakin baik karena kemungkinan belum ada kerusakan pada organ lain.

Faktor kedua, gagal jantung dapat disebabkan oleh penyakit jantung rematik, katup jantung yang tidak ditangani dengan baik. Terakhir, gagal jantung juga bisa terjadi karena infeksi jantung atau disebut miokardistik.

“Penyakit jantung rematik biasanya terjadi karena infeksi tenggorokan. Ada kuman bernama streptococcus dari tenggorokan yang mungkin tidak tertangani dengan baik sehingga mengakibatkan kerusakan pada katup jantung,” ujarnya.

Sementara miokardistik biasanya terjadi karena adanya infeksi virus dari pencernaan, pernapasan, atau Covid-19. Itu semua bisa menyebabkan peradangan pada sel otot jantung dan kondisi gagal jantung. Berdasarkan demografi di Asia Pasifik terutama Indonesia, kondisi gagal jantung pada usia muda kerap terjadi pada laki-laki.

Hal ini disebabkan di Indonesia jumlah perokok masih tinggi dan diabetes di usia muda tinggi sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. “Kalau gagal jantung terjadi karena masalah koroner, hipertensi, atau diabetes yang terjadi pada usia di bawah 40 tahun, biasanya terjadi pada laki-laki. Namun, kalau gagal jantung di bawah usia 30 tahun, biasanya terjadi karena penyakit bawaan atau miokardistik,” jelasnya.

Menjaga jantung 

Konsultan kardiologi dari India, dr S Venkatesh, mengatakan untuk mencegah penyakit kronis demi menjalani hidup yang sehat dan panjang, aktivitas fisik adalah suatu keharusan. Tetapi olahraga yang berlebihan justru malah bisa berbahaya. 

Olahraga teratur memungkinkan gaya hidup aktif, menjaga berat badan stabil, dan menjaga kesehatan jantung. Namun, penting juga untuk dipahami bahwa terlalu memaksakan tubuh kita juga dapat menyebabkan kerugian.

"Olahraga yang tidak biasa, olahraga tanpa pelatihan yang memadai, peningkatan latihan yang tiba-tiba untuk mencapai hasil yang cepat, dapat menyebabkan cidera tulang muskuloskeletal, berdampak pada sistem kardiovaskular termasuk jantung dan tekanan darah," kata dia.

Olahraga berlebihan yang dimaksud adalah saat Anda memaksakan tubuh terlalu keras untuk mendapatkan hasil instan. Saat Anda mulai berolahraga atau menikmati rutinitas latihan yang ekstrem bukan karena keinginan tapi karena keharusan, maka itu bisa menjadi olahraga yang kompulsif.

Risiko jangka pendek dari olahraga berlebihan adalah nyeri otot, kelelahan, perubahan suasana hati yang ekstrem, dan masalah tidur. Seiring waktu, hal itu juga bisa mulai berdampak pada jantung dan bagian tubuh lainnya.

"Olahraga berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Pada pasien yang memiliki plak kolesterol di arteri jantung, plak yang tersimpan dapat retak atau pecah dan ini dapat menyebabkan serangan jantung," kata dr Venkatesh.

Spesialis gagal jantung, Miriam Jacob di situs Cleveland Clinic, mengatakan gagal jantung tidak selalu berarti jantung berhenti. Namun kondisi itu masih bisa menjadi penyakit yang sangat serius, bahkan mengancam jiwa. Itulah mengapa sangat penting mengenali tanda-tanda gagal jantung kongestif, terutama yang dapat dengan mudah disalah artikan sebagai tanda lain.

Banyak ahli dan beberapa penelitian menyatakan kebiasaan gaya hidup tidak sehat bertanggung jawab atas peningkatan mendadak jumlah pasien muda mengalami penyakit jantung. Membuat pilihan yang tepat, mengikuti diet yang tepat, dan beralih ke perilaku sehat merupakan cara menjaga jantung Anda tetap sehat dalam jangka panjang. 

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda terapkan jika Anda ingin menghindari penyakit kardiovaskular, seperti dilansir di Times of India, pada pertengahan Oktober:

1. Tetap periksa tekanan darah dan kadar kolesterol

Sangat penting bagi Anda untuk mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol untuk fungsi jantung yang sehat. Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk strok, serangan jantung, dan lainnya.

Sementara tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tidak memiliki tanda-tanda tertentu, membiarkannya tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang. Inilah sebabnya mengapa diagnosis dini dapat membantu mencegah komplikasi lebih lanjut. Tekanan darah dapat diuji di klinik atau di rumah dengan bantuan monitor tekanan darah, sedangkan kolesterol Anda dapat diperiksa melalui tes darah.

2. Hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak 

Menjadi tidak aktif secara fisik atau bermalas-malasan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sesuai sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, ditemukan duduk untuk waktu yang lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. 

Oleh karena itu, sudah saatnya mengubah cara dan mulai berolahraga secara teratur. Anda selalu bisa memulai dengan lambat. Jangan masuk semua, lebih baik tingkatkan jam latihan Anda secara bertahap, lebih fokus pada konsistensi.

3. Ikuti diet sehat jantung

Seseorang harus menghindari konsumsi makanan yang tinggi lemak trans. Lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit jantung termasuk strok. Ini memblokir arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini memengaruhi hati Anda dalam banyak hal. Diet jantung sehat terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

4. Pertahankan berat badan yang sehat

Ketika berbicara tentang penurunan berat badan, itu tidak harus selalu tentang penampilan yang baik. Sebaliknya, seseorang harus fokus pada pencegahan obesitas yang meningkatkan peluang Anda terkena penyakit kardiovaskular. Seseorang harus menghitung indeks massa tubuh (BMI) mereka 

dan tahu di mana mereka berdiri. Jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya segera olahraga teratur dan perhatikan apa yang Anda makan.

5. Hindari konsumsi alkohol, merokok, kelola tingkat stres

Selain itu, merokok dan minum alkohol dapat mempengaruhi jantung Anda secara negatif. Ini meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam darah, yang membuat Anda lebih rentan terhadap stroke dan gagal jantung kongestif. Selain itu, mengambil banyak stres menempatkan banyak tekanan pada jantung Anda. 

Karena itu, cobalah yoga atau latihan meditasi untuk mengurangi dan mengelola tingkat stres. Tidak hanya akan meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga membuat Anda tetap dalam kondisi dan kerangka pikiran yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement