Rabu 03 Nov 2021 21:58 WIB

Vs Donetsk, Ancelotti Puji Pelatih Lawan

De Zerbi memiliki potensi besar untuk meraih kesuksesan pada masa mendatang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi Manajer Everton Carlo Ancelotti setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Everton FC dan Wolverhampton Wanderers di Liverpool, Inggris, 19 Mei 2021.
Foto: EPA-EFE/Jon Super
Reaksi Manajer Everton Carlo Ancelotti setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Everton FC dan Wolverhampton Wanderers di Liverpool, Inggris, 19 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, mengaku terkesan dengan kemampuan pelatih Shakthar Donetsk, Roberto De Zerbi, dalam meracik taktik dan strategi permainan.

Menurut eks pelatih AC Milan dan Bayern Muenchen itu, De Zerbi memiliki potensi besar untuk meraih kesuksesan pada masa mendatang.

Ancelotti bahkan mengungkapkan sudah memantau kiprah De Zerbi kala pelatih berusia 42 tahun itu mulai menukangi Sassuolo pada 2018 silam.

Meski hanya bisa mengantarkan Sassuolo finish di peringkat ke-11 pada musim debutnya, De Zerbi berhasil menorehkan catatan impresif pada musim keduanya menangani I Neroverdi.

Sassuolo berhasil finish di peringkat kedelapan pada musim 2019/2020. Tidak hanya itu, I Neroverdi juga berhasil menyemas 69 gol di sepanjang musim.

Ini merupakan catatan gol terbanyak yang ditorehkan I Neroverdi dalam satu musim Serie A sejak promosi pada musim 2013/2014 silam. Di bawah kendali De Zerbi, Sassuolo tampil sebagai tim dengan gaya permainan ofensif dan terbuka.

Gaya permainan yang diusung De Zerbi ini pula yang menarik minat Shakthar Donetsk untuk merekrutnya pada 2021 silam. De Zerbi langsung berhasil mengantarkan Donetsk meraih titel Piala Super Ukraina pada 2021 silam.

Ancelotti pun melontarkan pujian terhadap kemampuan De Zerbi tersebut. ''Dia adalah pelatih yang memiliki ide permainan yang jelas. Dia tahu apa yang dia inginkan dari anak-anak asuhnya di atas lapangan.”

“Dia telah melakukan pekerjaan bagus di Sassuolo, kini dia melanjutkannya bersama Shakhtar Donetsk. Tim yang ditanganinya memiliki identitas permainan yang jelas. Dia akan meraih banyak kesuksesan dengan filosofi permainan seperti itu,'' tutur Ancelotti seperti dikutip Triball Football, Rabu (3/11).

Terlepas dari pengakuan dan pujiannya atas kemapuan De Zerbi, Ancelotti tentu berharap anak-anak asuhnya bisa kembali membungkam Donetsk di laga keempat penyisihan Grup F Liga Champions, Kamis (4/11) dini hari WIB.

Di pertemuan sebelumnya, Madrid sukses mencuri angka tiga poin kala bertandang ke markas Donetsk dengan kemenangan, 5-0. Ancelotti bahkan menyebut, kemenangan di laga ini menjadi torehan wajib buat anak-anak asuhnya.

Tidak hanya untuk memperbaiki rekor kandang usai tidak pernah menang di tiga partai kandang terakhir di semua ajang, kemenangan di laga ini akan memperbesar peluang Los Blancos lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

''Raihan di laga ini akan berdampak besar pada perjalanan kami di kompetisi ini. Kemenangan akan membawa semakin dekat dengan target lolos ke babak 16 besar. Sebaliknya, kekalahan akan membuat kami berada dalam posisi yang sulit di dua laga terakhir penyisihan grup,'' kata pelatih asal Italia itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement