Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Emery Disebut Masih Ragu ke Newcastle United

Rabu 03 Nov 2021 19:27 WIB

Rep: reja irfa widodo / Red: Muhammad Akbar

Manajer Arsenal Unai Emery  mengarahkan tim asuhannya di tepi lapangan pada laga Liga  Europa Grup  F antara Arsenal melawan Eintracht Frankfurt di Emirates Stadium,  London, Jumat, (29/11) dini hari.

Manajer Arsenal Unai Emery mengarahkan tim asuhannya di tepi lapangan pada laga Liga Europa Grup F antara Arsenal melawan Eintracht Frankfurt di Emirates Stadium, London, Jumat, (29/11) dini hari.

Foto: Adam Davy/PA via AP
Emery dikabarkan mulai ragu terkait keseriusan manajemen Newcastle United

REPUBLIKA.CO.ID, VILLARREAL -- Rumor soal upaya manajemen Newcastle United untuk mendatangkan pelatih asal Spanyol, Unai Emery, begitu santer terdengar dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan, pelatih Villarreal itu diharapkan sudah resmi diperkenalkan sebagai pelatih anyar The Magpies pada akhir pekan ini. Kendati begitu, Emery bukan satu-satunya pelatih yang masuk dalam radar The Magpies sebagai pengganti Steve Bruce.

Selain Emery, manajemen Newcastle United dikabarkan melakukan pendekatan kepada mantan pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, dan mantan pelatih Bournemouth, Eddie Howe.

Di titik inilah, Emery dikabarkan mulai ragu terkait keseriusan manajemen The Magpies untuk memboyongnya.

Pasalnya, dua pelatih tersebut memiliki pendekatan dan gaya permainan yang berbeda dengan yang diusung Emery. The Magpies, dibawah kepemilikan baru, dinilai belum memiliki visi yang jelas.

''Pelatih-pelatih yang dipertimbangkan oleh manajemen Newcastle United menunjukan kebingungan dalam menentukan visi tim. Hal itu menjadi perhatian buat sejumlah pihak yang berkomunikasi langsung dengan jajaran hierarki klub.”

“Saya tidak melihat, kepindahan ini (Emery ke Newcastle United) akan terjadi pada musim ini. Mungkin tahun depan saat visi dan struktur Newcastle United sudah jauh lebih jelas,'' tutur jurnalis sepak bola asal Spanyol, Guillem Balague, seperti dikutip BBC, Rabu (3/11).

Sebelumya, Emery mengakui ada ketertarikan dari manajemen The Magpies, meski belum mendapatkan tawaran secara formal. Namun, sebelum merespon ketertarikan tersebut, Emery menyebut akan bertemu dan berdiskusi terlebih dahulu dengan Presiden Villarreal, Fernando Roig.

Di sisi lain, Roig sempat mengungkapkan tidak pernah meragukan soal profesionalisme Emery.  Semua tawaran yang datang, termasuk dari Newcastle United, tidak akan mengganggu fokus pelatih yang mengantarkan Villarreal merengkuh titel Liga Europa musim lalu tersebut.

Roig pun optimis, Emery akan tetap bertahan di Villarreal hingga kontraknya berakhir pada 2023 mendatang.

''Unai memiliki kontrak bersama kami. Kami berharap, kontrak itu terus bertahan hingga selesai. Saya tidak pernah memiliki keraguan soal profesionalisme Unai,'' kata Roig kepada Movistar, Selasa (2/11) waktu setempat.

Emery masuk dalam radar The Magpies lantaran dianggap memiliki pengalaman menukangi klub asal Inggris. Eks pelatih Paris Saint Germain (PSG) itu sempat 18 bulan menukangi Arsenal sebelum akhirnya dipecat pada November 2019 silam.

Selama menukangi The Gunners, Emery berhasil mengantarkan klub asal London Utara itu melaju ke babak final Liga Europa musim 2018/2019.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA