Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Lima Keutamaan Surat Ali Imran

Rabu 03 Nov 2021 10:24 WIB

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Lima Keutamaan Surat Ali Imran. Foto: Alquran. (ilustrasi)

Lima Keutamaan Surat Ali Imran. Foto: Alquran. (ilustrasi)

Foto: republika
Surat Ali Imran memiliki keutamaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ali Imran merupakan surat ketiga dalam urutan di Alquran. Dalam Sunan Al Darimi, terdapat keutamaan-keutamaan surat Ali Imran di antaranya:

Pertama, orang yang kaya dan wanita yang berhias

Baca Juga

 حَدَّثَنَا قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ مَنْ قَرَأَ آلَ عِمْرَانَ فَهُوَ غَنِيٌّ وَالنِّسَاءُ مُحَبِّرَةٌ

Abdullah bin Mas'ud berkata; Barangsiapa yang membaca surat Ali Imran maka ia adalah orang kaya, sedangkan jika ia seorang perempuan maka ia adalah orang yang berhias.

Kedua, mendapatkan pahala seperti shalat malam

 حَدَّثَنَا عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ مَنْ قَرَأَ آخِرَ آلِ عِمْرَانَ فِي لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

Dari Utsman bin 'Affan ia berkata; Barangsiapa yang membaca akhir surat Ali Imran pada malam hari, maka ditulis baginya pahala shalat malam.

Ketiga, jika membaca di hari Jumat, malaikat mendoakan hingga malam hari

 حَدَّثَنَا مَكْحُولٍ قَالَ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ آلِ عِمْرَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ إِلَى اللَّيْلِ

Dari Makhul ia berkata; Barangsiapa yang membaca surat Ali Imran pada hari Jum'at, maka para malaikat mendo'akan untuknya sampai tiba malam hari.

Keempat, perbendaharaan orang fakir

 حَدَّثَنَا قَالَ عَبْدُ اللَّهِ نِعْمَ كَنْزُ الصُّعْلُوكِ سُورَةُ آلِ عِمْرَانَ يَقُومُ بِهَا فِي آخِرِ اللَّيْلِ

Abdullah berkata, Sebaik-baik perbendaharaan orang fakir adalah surat Ali Imran yang ia baca ketika melakukan shalat di akhir malam.

Kelima, mendapatkan keselamatan

 حَدَّثَنَا أَبِي السَّلِيلِ قَالَ أَصَابَ رَجُلٌ دَمًا قَالَ فَأَوَى إِلَى وَادِي مَجَنَّةٍ وَادٍ لَا يُمْسِي فِيهِ أَحَدٌ إِلَّا أَصَابَتْهُ حَيَّةٌ وَعَلَى شَفِيرِ الْوَادِي رَاهِبَانِ فَلَمَّا أَمْسَى قَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ هَلَكَ وَاللَّهِ الرَّجُلُ قَالَ فَافْتَتَحَ سُورَةَ آلِ عِمْرَانَ قَالَا فَقَرَأَ سُورَةً طَيِّبَةً لَعَلَّهُ سَيَنْجُو قَالَ فَأَصْبَحَ سَلِيمًا قَالَ أَبُو مُحَمَّد أَبُو السَّلِيلِ ضُرَيْبُ بْنُ نُقَيْرٍ

Dari Abu As Salil ia berkata; Ada seseorang terluka mengeluarkan darah. Ia melanjutkan; Lalu orang itu singgah di lembah Majannah, sebuah lembah yang tidak seorang pun berada di waktu sore kecuali menjadi gila, sementara di tepi lembah ada dua orang pendeta. Ketika orang itu berada di waktu sore, salah seorang pendeta berkata kepada temannya; Demi Allah, celakalah orang itu. Ia melanjutkan; Lalu orang itu membaca awal surat Ali Imran, maka kedua pendeta tersebut berkata; Ia telah membaca sebuah surat yang baik, semoga ia selamat. Ia berkata lagi; Maka selamatlah orang itu.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA