Kamis 04 Nov 2021 02:58 WIB

Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Baik vegan maupun vegetarian memiliki manfaat bagi tubuh.

Salad sayur, makanan vegetarian.
Foto: Max Pixel
Salad sayur, makanan vegetarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara banyaknya diet, vegan dan vegetarian merupakan jenis yang cukup populer di masyarakat. Vegan dan vegetarian dikenal sebagai sebutan untuk seseorang yang tidak mengonsumsi daging.

Meskipun sama-sama tidak mengonsumsi daging hewan, vegan dan vegetarian ternyata memiliki perbedaan. Bahkan vegetarian memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Baca Juga

Dikutip dari Medical News Today, Senin, veganisme atau vegan lebih ketat dibandingkan dengan vegetarian. Seorang vegan dilarang mengonsumsi produk susu, telur, madu, maupun produk-produk lainnya yang berasal dari hewani. Bahkan seorang vegan tidak akan menggunakan pakaian dari kulit dan sutra.

Sementara itu menurut Vegetarian Society, vegetarian adalah seseorang yang tidak memakan produk atau produk sampingan dari penyembelihan hewan. Seorang vegetarian tidak akan mengonsumsi daging hewan apapun. Mereka juga tidak mengonsumsi rennet, gelatin dan jenis protein hewani lainnya.

 

Meskipun demikian, banyak vegetarian yang mengonsumsi produk sampingan yang tidak melibatkan proses penyembelihan hewan. Misalnya saja seperti telur, produk susu seperti keju, susu dan yogurt.

Jenis-Jenis Vegetarian

Vegetarisme atau vegetarian sendiri ternyata memiliki beberapa variasi diet yang berbeda-beda. Di antaranya adalah Lacto Ovo Vegetarian yang menghindari semua jenis daging dan ikan namun masih mengonsumsi produk susu dan telur.

Kemudian ada juga variasi Lacto Vegetarian yang tidak memakan daging atau telur apa pun namun masih mengonsumsi produk susu. Ovo Vegetarian tidak mengonsumsi daging, ikan atau produk susu apapun namun mengonsumsi telur.

Terakhir adalah pescatarian atau yang sering disebut sebagai Flexitarian. Seorang Flexitarian akan menghindari semua daging kecuali ikan dan jenis makanan laut lainnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement