Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Ahli Gizi Sebut Alkohol Minuman Terburuk tuk Kekebalan Tubuh

Selasa 02 Nov 2021 21:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Alkohol menjadi minuman terbuk untuk kekebalan tubuh (ilustrasi).

Alkohol menjadi minuman terbuk untuk kekebalan tubuh (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda dapat merusak sistem kekebalan, tidak hanya dengan kehilangan nutrisi dalam makanan, tapi juga dengan menambahkan makanan dan minuman tertentu ke dalam tubuh yang dapat secara serius mengganggu respons kekebalan tubuh. Salah satu minuman terburuk yang dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda adalah minuman beralkohol. 

Ada beberapa alasan mengapa minum alkohol secara berlebihan dikaitkan dengan sistem kekebalan yang melemah. Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (2/11):

Baca Juga

1. Alkohol membuat dehidrasi

"Alkohol dapat membuat Anda dehidrasi karena sifat diuretiknya, dan itu tidak mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat," kata ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Roxana Ehsani.

2. Alkohol dapat mengganggu kesehatan usus

"Ketika Anda minum alkohol, alkohol pertama kali mengenai usus, di mana ia diserap dan pada saat yang sama merusak mikrobioma usus (bakteri sehat yang ditemukan di usus kita) dan mengganggu sel-sel kekebalan tubuh kita agar tidak bekerja dengan baik," ujarnya. 

Ketika mikrobioma usus dan sel-sel kekebalan terganggu, ini dapat mengakibatkan sistem kekebalan yang lemah rentan terhadap penyakit dan penyakit.

3. Mengganggu sel-sel kekebalan tubuh

Tentu saja, selain alkohol, banyak minuman beralkohol juga dikemas dengan gula saat membuat minuman campuran dan koktail. Minum minuman tinggi gula, lebih lanjut dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. "Makanan dan minuman yang meningkatkan gula darah (glukosa darah) mengganggu produksi sel-sel kekebalan dan berpotensi menghambat mereka bekerja dengan baik, mengakibatkan kekebalan rendah," kata Ehsani.

4. Membebani sistem kekebalan tubuh

Ini juga tidak bermanfaat bagi sistem kekebalan jika Anda minum lebih dari jumlah alkohol yang disarankan yang ditetapkan oleh Pedoman Diet untuk Orang Amerika. "Ketika Anda pesta minuman keras atau minum banyak sepanjang pekan, itu dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda melawan infeksi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk pulih juga," jelasnya.

Ehsani menyarankan air panas, tanpa minuman keras. Semua elemen dari minuman panas tanpa minuman keras menjadi minuman yang mendukung kekebalan tubuh dan inilah alasannya menurut Ehsani:

Air panas: Air panas yang Anda tahu sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu membersihkan tubuh Anda dari produk limbah.

Jus lemon: Mengandung sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan kuat, yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat.

Rempah-rempah: Tidak diketahui banyak orang, tapi rempah-rempah segar dan kering sebenarnya mengandung sifat antioksidan dosis tinggi, yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Dia menyarankan menggunakan lebih banyak air panas, kantong teh herbal, atau percikan jus jeruk untuk mendapatkan lebih banyak vitamin C.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA