Selasa 02 Nov 2021 17:37 WIB

Membuat Konten Powerfull dengan Prinsip Copywriting

UBSI menggelar pelatihan hasilkan konten yang kuat lewat ide copywriting

Dalam memberikan materi dan wawasan seputar konten, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan berupa pelatihan Training Digital Skill for Internship. Pelatihan ini, terselenggara selama tiga hari, dengan tema yang berbeda setiap harinya.
Foto: UBSI
Dalam memberikan materi dan wawasan seputar konten, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan berupa pelatihan Training Digital Skill for Internship. Pelatihan ini, terselenggara selama tiga hari, dengan tema yang berbeda setiap harinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam memberikan materi dan wawasan seputar konten, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan berupa pelatihan “Training Digital Skill for Internship”. Pelatihan ini, terselenggara selama tiga hari, dengan tema yang berbeda setiap harinya. 

Kali ini, di hari pertama, Ibnu Alfarobi, selaku dosen Universitas BSI, menjadi narasumber dengan memaparkan materi tentang  “Unlimited Ideas for Creating Marketing Content Strategy”, yang dilaksanakan secara online via zoom, pada Selasa (02/11)

Baca Juga

Ibnu mengatakan, pelatihan ini ditujukan bagi siswa magang dan mahasiswa beasiswa talenta Universitas BSI, serta mahasiswa Universitas BSI secara umum. Selain itu, dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali ilmu seputar teknik membuat konten, apa itu konten, fungsi konten dan lain sebagainya. Ia juga menjelaskan, mengenai ide-ide copywriting, untuk pembuatan konten.

“Dalam mengikuti pelatihan ini, mahasiswa diajarkan cara membuat konten agar powerfull dengan menggunakan copywriting. Dan yang tidak kalah dalam membuat konten adalah harus memperhatikan kalender editorial,” ungkap Ibnu.

Ibnu juga menambahkan bahwa, hal yang harus diperhatikan pertama kali dalam membuat konten adalah tujuan pembuatan konten. Hal ini menjadi sangat penting, mengingat tujuan pembuatan konten terkait dengan isi konten tersebut.

“Sebelum membuat konten, harus tahu dulu konten yang kita gunakan untuk apa, karena konten yang yang diciptakan biasanya bertujuan untuk memotivasi konsumen agar menggunakan produk atau pesan yang digunakan,” tambahnya.

“Kalau teman-teman punya ide maka baiknya menggunakan metode ATM yakni (amati, tiru, modifikasi). Namun yang harus diperhatikan jangan hanya asal modifikasi, perhatikan juga kesesuaian antara konten dan tema,” tutur Ibnu. 

Lebih jauh, Ibnu juga menuturkan perbedaan antara konten marketing dan iklan. Menurutnya, konten marketing bukan hanya sekedar mempromosikan saja, namun juga lebih kepada sisi manfaat dan informasi yang ada dalam konten tersebut.

“Mengenal Konten marketing itu, bukan hanya hanya sebagai ajang promosi saja, lebih dari itu dalam  isi konten marketing juga berupa tips dan trik, cara belajar agar tidak lupa, yang intinya lebih mengarahkan kepada memberikan sisi manfaat bagi audience. Sementara kalau iklan itu memang ditujukan untuk mempromosikan,” tutup Ibnu. 

Adelia Rizki, salah satu peserta kegiatan menyebut bahwa, pelatihan kali ini, banyak memberi tambahan informasi seputar pembuatan konten.“Ternyata ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membuat konten, yang benar-benar kita inginkan dan goalnya tercapai gitu. Mulai dari awal perencanaan, sampai publikasi, harus benar-benar diperhatikan,” ujarnya, yang juga sebagai mahasiswa Universitas BSI ini.

Ia pun antusias untuk mengikuti lagi kegiatan pelatihan internship ini, yang akan digelar sampai hari Kamis dengan tema yang berbeda. Untuk tambahan informasi, besok, Rabu (3/11) akan membahas mengenai tema “Make Your Content More Powerfull with Copywirting”. Sedangkan untuk hari Kamis (4/11), aka nada materi mengenai “Training Digital Skill for Internship Canva for Digital Content”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement