Selasa 02 Nov 2021 16:47 WIB

Enam Makanan yang Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker paling umum di antara pria di AS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Qommarria Rostanti
Enam makanan yang bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Enam makanan yang bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet dapat secara signifikan memengaruhi kesehatan Anda, termasuk untuk kesehatan prostat. Dengan menambahkan makanan sehat yang ramah prostat ke dalam diet, Anda mungkin dapat mengurangi risiko masalah prostat, termasuk kanker prostat.

Menurut American Cancer Society, kanker prostat adalah kanker paling umum di antara pria, memengaruhi satu dari delapan pria di Amerika Serikat (AS). Meskipun peran pasti diet dalam kesehatan prostat tidak jelas, beberapa teori telah membahas hal ini. Beberapa ahli percaya bahwa makanan tinggi lemak dan tinggi gula dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat kanker prostat.

Baca Juga

Beberapa penelitian telah mengaitkan diet tinggi produk susu dan asupan kalsium total tinggi melalui makanan dan suplemen dengan risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi tautan ini.

Berikut enam makanan untuk menjaga kesehatan prostat Anda, dilansir di Healthline, Selasa (2/11):

1. Tomat

Buah-buahan dan sayuran tertentu, termasuk tomat, mengandung antioksidan kuat yang disebut likopen. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi likopen dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaatnya. Namun dalam tinjauan terhadap 24 penelitian, menurut para peneliti,  pria yang makan lebih banyak tomat lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat. Likopen dapat menurunkan kerusakan sel dan memperlambat produksi sel kanker. Ini adalah antioksidan yang berarti melindungi sel dari kerusakan.

Karena likopen terikat erat pada dinding sel tomat mentah, tubuh Anda kesulitan mengekstraknya. Produk tomat yang dimasak atau dihaluskan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, seperti pasta tomat, saus spagheti, tomat yang dikeringkan di bawah sinar matahari, dan jus tomat.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak senyawa kompleks yang dapat membantu melindungi beberapa orang dari kanker. Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara jumlah sayuran cruciferous yang Anda makan, kelompok yang mencakup brokoli, dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Alasannya masih belum jelas, tetapi para peneliti mengusulkan bahwa beberapa fitokimia dalam sayuran ini, termasuk sulforaphane, yang kecambah brokoli mengandung jumlah terkonsentrasi, secara selektif menargetkan dan membunuh sel kanker sambil membiarkan sel prostat normal tetap sehat dan tidak terpengaruh. Sayuran cruciferous lainnya yang termasuk kembang kol, kubis, kubis brussel, dan kangkung. Cara yang baik untuk memakannya, Anda dapat menambahkan brokoli ke dalam tumisan, sup, dan salad, atau cukup memakannya mentah atau dikukus.

3. Teh hijau

Orang-orang telah menggunakan teh hijau untuk manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Para peneliti telah melakukan banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap kanker.

Bukti menunjukkan bahwa senyawa khusus dalam teh hijau dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan memengaruhi pertumbuhan tumor, kematian sel, dan pensinyalan hormon. Senyawa berikut dapat menjelaskan manfaat kesehatan dari teh hijau yaitu turunan xantin, epigallocatechin gallate (EGCG), dan epicatechin.

Jika Anda menyukai rasa teh hijau, mulailah dengan minum secangkir setiap pagi sebagai pengganti kopi biasa Anda. Jika Anda lebih suka melewatkan kafein, cobalah versi tanpa kafein. Jika Anda tidak suka teh hangat, cobalah mendinginkannya di lemari es Anda dan menambahkan es untuk minuman yang menyegarkan. Jika Anda tidak menyukai rasanya, coba gunakan teh hijau dingin sebagai cairan dalam smoothie buatan sendiri, atau tambahkan bubuk teh hijau.

4. Legume dan kedelai

Legume adalah kelompok makanan yang mencakup kacang-kacangan, kacang tanah, dan lentil. Legume mengandung senyawa tanaman yang aktif secara biologis yang dikenal sebagai fitoestrogen.

Isoflavon adalah salah satu fitoestrogen tersebut. Satu ulasan menemukan bahwa orang yang makan paling banyak fitoestrogen memiliki risiko kanker prostat 20 persen lebih rendah daripada kelompok dengan asupan terendah.

Efek melawan kanker dari fitoestrogen mungkin berasal dari sifat antioksidan dan efeknya pada regulasi hormon dan kematian sel. Meskipun masih ada kebutuhan untuk penelitian yang lebih konklusif, beberapa penelitian telah menghubungkan isoflavon kedelai dengan penurunan risiko kanker prostat.

National Cancer Institute (NCI) menunjukkan hubungan antara konsumsi kedelai dan penurunan kadar antigen spesifik prostat (PSA). PSA adalah protein yang diproduksi oleh prostat. Tes PSA, yang mengukur tingkat PSA dalam darah Anda, digunakan sebagai tes skrining untuk kanker prostat.

Penelitian ini juga tampaknya menunjukkan bahwa kedelai lebih efektif bila dimakan bersama dengan makanan pelawan kanker lainnya.

Untuk menambahkan lebih banyak kacang-kacangan dan kedelai ke dalam makanan Anda, pertimbangkan untuk menukar daging dengan protein nabati setidaknya dalam beberapa makanan.

Cobalah membuat burger kacang hitam dengan banyak sayuran. Tahu adalah sumber kedelai yang sangat baik. Cobalah membumbui tahu dengan saus dan memanggangnya atau menggorengnya di atas kompor, atau menambahkannya ke tumisan.

5. Jus buah delima

Seperti teh hijau, buah delima adalah sumber antioksidan yang kaya. Jus delima memiliki reputasi sebagai buah super karena tingkat antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis yang berhubungan dengan stres oksidatif.

NCI mengatakan jus delima dan beberapa komponen bioaktifnya dapat membantu menghambat proliferasi sel kanker prostat.

Penelitian pada hewan dan tabung reaksi telah menemukan bahwa jus dan ekstrak buah delima menghambat produksi beberapa sel kanker prostat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan pada manusia.

6. Ikan

Lemak tak jenuh ganda, termasuk omega-3 dan omega-6, adalah asam lemak esensial yang ditemukan secara eksklusif dalam makanan. Mereka tidak disintesis oleh tubuh.

Diet tradisional Barat memiliki banyak asam lemak omega-6 tetapi tidak banyak omega-3. Memiliki keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 terkait dengan hasil kesehatan yang lebih baik.

Beberapa ulasan telah melaporkan bahwa sementara mungkin ada hubungan antara konsumsi lemak omega-3 yang lebih tinggi dan risiko kanker prostat tingkat tinggi yang lebih rendah dan kematian akibat kanker prostat, penelitian lebih lanjut diperlukan, terutama penelitian pada manusia.

Ikan berlemak memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Cobalah makan ikan berlemak yang ditemukan di perairan dingin untuk meningkatkan asupan omega-3 Anda. Ini termasuk ikan salmon, ikan haring, ikan kembung, ikan sarden dan ikan trout.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement