Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Tips Buat yang tak Kunjung Terlelap Selarut Ini

Rabu 03 Nov 2021 01:07 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Gunakan kasur hanya untuk tidur. Beraktivitas di tempat tidur akan membuat orang sulit terlelap saat waktu tidur tiba.

Gunakan kasur hanya untuk tidur. Beraktivitas di tempat tidur akan membuat orang sulit terlelap saat waktu tidur tiba.

Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Kalau tak kunjung terlelap setelah 20 menit berbaring, apa yang harus dilakukan?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidur adalah bagian penting dari siklus kehidupan. Kuantitas dan kualitas tidur juga penting guna menjaga kesehatan tubuh dan mencegah sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan depresi.

Ahli tidur dan saraf Chris Winter mengatakan bahwa untuk mencapai tidur yang berkualitas dan cukup waktu, setiap individu disarankan untuk melakoni gaya hidup sehat, rutin berolahraga, tidur sesuai jadwal, tidak minum alkohol, tidur di suhu ruangan yang lebih dingin dan suasana tenang.

Baca Juga

Hanya saja, gangguan tidur bisa saja terjadi bahkan ketika semua hal tersebut telah dilakukan. Dikutip dari Men’s Health, Selasa (2/11), berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Jauhi layar

Di era teknologi, godaan untuk terus menerus berselancar di ponsel atau komputer sangatlah besar. Bahkan, banyak orang yang masih menatap gawai sambil rebahan di kasur menjelang waktu tidur.

Spesialis tidur Kuljeet Gill mengatakan bahwa cahaya biru yang dipantulkan dari layar gawai bisa sangat mengganggu tidur karena menekan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun Anda.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA