Selasa 02 Nov 2021 15:59 WIB

Makan Pisang Bantu Sehatkan Pencernaan

Pisang merupakan buah yang harganya terjangkau dan bergizi tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Buah pisang. Di dalam pisang terkandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Buah pisang. Di dalam pisang terkandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain bergizi tinggi dan memiliki harga terjangkau, pisang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satu di antaranya adalah manfaat bagi kesehatan pencernaan.

Di dalam pisang terkandung banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagian di antaranya adalah protein, kalium, dan serat karbohidrat. Pisang juga dijuluki sebagai makanan prebiotik yang dapat memberikan asupan serat dan pati resistan.

Baca Juga

Melalui studi terbaru dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology, peneliti mengungkap asupan serat dan pati resistan dari pisang dapat mendorong produksi butirat. Butirat merupakan salah satu dari tiga "bahan" utama asam lemak yang ditemukan di dalam usus.

Kadar butirat yang tinggi berkaitan dengan lebih rendahnya risiko perasaan tidak nyaman di perut bagi pasien sindrom iritasi usus (IBS). Sebuah studi pada 2016 juga menunjukkan bahwa butirat berkaitan dengan penurunan risiko kanker kolon.

Studi ini mulanya dilakukan oleh sekelompok ahli di bidang pencernaan, ilmu gizi, dan diet untuk mempelajari peran pola makan dan mikrobioma usus terhadap beberapa masalah pencernaan. Sebagian di antaranya adalah penyakit celiac, penyakit Crohn, dan IBS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement