Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Hasto: Kami Doakan Kesembuhan SBY

Selasa 02 Nov 2021 15:20 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto

Foto: istimewa
PDIP meminta negara untuk memberikan perawatan terbaik kepada SBY.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, politik itu sejatinya penuh dengan wajah kemanusiaan. Ia mendoakan agar Presiden ke-6 Republika Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera diberi kesembuhan.

"Ketika mendapat informasi bahwa Pak SBY sakit, kami mendoakan agar beliau mendapat rahmat kesembuhan, diteguhkan semangatnya dan mendapatkan perawatan terbaik," ujar Hasto lewat keterangan tertulisnya, Selasa (2/11).

Baca Juga

Seperti waktu Presiden ke-2 Soeharto sakit, Megawati Soekarnoputri mendorong negara untuk memberikan perawatan terbaik kepadanya. PDIP meminta hal yang sama kepada SBY.

"Agar Presiden Jokowi memberikan perhatian terbaik, agar dokter Istana Kepresidenan yang dikenal ahli dapat membantu Pak SBY untuk mendapatkan perawatan terbaik," ujar Hasto.

Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, mengatakan, SBY didiagnosis menderita kanker prostat. "Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy saat dikonfirmasi Republika, Selasa (2/11).

Ossy mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan maupun pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan atau stadium awal. Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ujarnya. 

Baca juga : SBY Didiagnosis Kanker Prostat

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA