Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

BPBD Ingatkan Warga Lebak Waspada Banjir dan Longsor

Selasa 02 Nov 2021 13:39 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Warga memancing ikan saat banjir di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (14/9/2021).

Warga memancing ikan saat banjir di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (14/9/2021).

Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Curah hujan meningkat, dan berpotensi banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Lebak.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bencana banjir dan tanah longsor. Hal itu menyusul curah hujan meningkat yang terjadi beberapa hari terakhir.

"Peringatan kewaspadaan itu guna mengurangi risiko kebencanaan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama di Kabupaten Lebak, Selasa (2/11).

Kewaspadaan bencana banjir dan longsor itu setelah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini memasuki fenomena La Nina yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan kilat. Bahkan, Selasa siang ini curah hujan berlangsung dengan intensitas deras disertai angin kencang.

Karena itu, masyarakat tetap waspada menghadapi cuaca buruk tersebut. Pasalnya, wilayah Kabupaten Lebak masuk daerah langganan banjir dan longsor. "Kita jangan sampai cuaca buruk menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor hingga mengakibatkan korban jiwa," kata Febby.

Sejumlah warga Palaton, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak menyatakan, mereka menyelamatkan perabotan rumah tangga dan elektronika ke atas bangunan rumah karena khawatir air masuk ke dalam. "Banjir pekan lalu sexual perabotan tidak bisa diselamatkan dan terendam banjir," kata Nana (55 tahun), salah satu warga Palaton yang kondisi rumah di tepi aliran selokan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA