Selasa 02 Nov 2021 04:10 WIB

Kontribusi Swasta Percepat Penanganan Pandemi Covid-19

Bantuan dari pengusaha ringankan beban pemerintah tenangani dampak pandemi Covid-19.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Pusat layanan vaksinasi Covid-19 (ilustrasi). Kontribusi swasta dinilai dapat mempercepat penanganan pandemi Covid-19.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pusat layanan vaksinasi Covid-19 (ilustrasi). Kontribusi swasta dinilai dapat mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Terbatasnya ruang fiskal pemerintah untuk menangani penyebaran Covid-19 dan dampak yang ditimbulkan pandemi terhadap ekonomi mendorong kalangan pelaku usaha turun tangan.

Keterlibatan kelompok pengusaha membantu pemerintah dalam pengadaan vaksin dan kegiatan vaksinasi, penyediaan perangkat tes Covid-19, serta berbagai perlengkapan untuk petugas medis diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19.

Baca Juga

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan, bantuan dari kalangan pengusaha akan meringankan beban pemerintah untuk menangani dampak dari pandemi Covid-19.

Terlebih, belanja negara sejak tahun lalu cukup membengkak. Sedangkan penerimaan pajak masih cukup tertekan sehingga defisit anggaran berisiko melebar.

"Boleh saja swasta ikut berperan, asalkan jangan mengganggu program pemerintah," ujar Masdalina ketika dihubungi wartawan, Senin (1/11).

Menurutnya, hal terpenting yang perlu dilakukan saat ini adalah mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dan tidak mempersoalkan berbagai substansi yang justru kontraproduktif. "Terlepas siapa pihak yang terlibat, memang mendesak untuk mengakhiri wabah virus Corona," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement