Selasa 02 Nov 2021 02:33 WIB

Pertamina Dorong Pembangunan SPBU Nelayan di Ambon

SPBU-N diharapkan memperlancar kegiatan nelayan melaut.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBU-N) (ilustrasi). Pertamina mendorong pemda membangun SPBU-N di Ambon.
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBU-N) (ilustrasi). Pertamina mendorong pemda membangun SPBU-N di Ambon.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- PT Pertamina (Persero) mendorong pemerintah daerah membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBU-N) di Ambon guna mendukung Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

"Maluku akan menjadi LIN, nantinya akan menjadi hub untuk ekspor ikan, sehingga kita mau pastikan pasokan solar untuk nelayan," kata Komisaris utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, di Ambon, Senin (1/11).

Baca Juga

Ia mengatakan, Pertamina mendorong di lokasi pelabuhan perikanan disiapkan SPBU nelayan untuk membantu aktifitas nelayan. SPBU-N merupakan lembaga penyalur resmi Pertamina yang menyediakan dan menyalurkan BBM kepada nelayan.

Selain itu, SPBU-N diharapkan dapat bermanfaat untuk kelompok nelayan, agar lebih dekat, lebih mudah dan aktivitas melaut lebih lancar. Pembangunan SPBU-N dilakukan sesuai usulan Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada Pertamina dan setelah dilakukan kajian maka layak dibangun.

Mekanisme SPBU-N, yakni Dinas Kelautan dan Perikanan setempat mengajukan rekomendasi ke Kementerian Kelautan dan Perikan lalu mereka mengusulkan ke Pertamina untuk menyediakan SPBU Nelayan. "SPBU-N harus minta izin ke KKP, jadi kalau KKP sulit keluarkan izin, dipastikan bahan bakar nelayan dibeli mahal," kata dia.

Pihaknya, kata Basuki, tidak mau ada oknum nelayan yang mengambil keuntungan tinggi. Dengan iehadiran SPBU-N, nelayan tidak perlu isi bahan bakar di luar sehingga dapat mengembalikan pendapatan bagi daerah.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement