Senin 01 Nov 2021 21:40 WIB

Pemkab Batang Wajibkan Objek Wisata Terapkan PeduliLindungi

Aplikasi ini membantu masyarakat melaporkan lokasi dan riwayat perjalanan.

Seorang pengunjung memindai kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi (ilustrasi). Pemkab Batang mewajibkan objek wisata untuk menerapkan PeduliLindungi.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Seorang pengunjung memindai kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi (ilustrasi). Pemkab Batang mewajibkan objek wisata untuk menerapkan PeduliLindungi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mewajibkan pengelola objek wisata menerapkan pemakaian aplikasi PeduliLindungi untuk para pengunjung sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, pemakaian aplikasi PeduliLindungi ini dapat membantu penelurusan kontak pelacakan (tracking) dan penelusuran (tracing) untuk memperkuat upaya penurunan penyebaran Covid-19 di daerah setempat. Aplikasi ini bisa membantu meningkatkan partisipasi masyarakat guna melaporkan lokasi dan riwayat perjalanan selama pandemi.

Baca Juga

"Oleh karena, kami instruksikan tempat layanan umum seperti objek wisata dan rumah makan menerapkan pemakaian aplikasi PeduliLindungi," kata dia, Senin (1/11).

Wihaji menegaskan, pemakaian aplikasi PeduliLindungi tersebut juga sudah diberlakukan di lingkungan perkantoran organisasi perangkat daerah (OPD).

Manajer Operasional Batang Dolphin Center Octavianus Danu mengatakan, pengelola sudah menyiapkan kode QR untuk memindai aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung di pintu masuk objek wisata. Pemasangan kode QR merupakan kebijakan Manajemen Pusat Taman Safari yang mematuhi intruksi pemerintah pusat selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pihaknya yakin PPKM di Kabupaten Batang akan turun level karena pemkab yang sinergi dengan TNI/Polri gencar melakukakan vaksinasi. "Kami berharap semoga PPKM bisa turun ke level 2 artinya objek wisata bisa diizinkan beroperasi kembali dengam prokes ketat," kata Octavianus.

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, para pengunjung wisata diharuskan mematuhi protokol kesehatan ketat. Pihak pengelola telah menyediakan tempat mencuci tangan dan sabun di sejumlah titik.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement