Senin 01 Nov 2021 20:10 WIB

Universitas BSI Beri Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing

Pemasaran atau promosi melalui media digital, sudah menjadi hal yang penting

Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat pada Karang Taruna RW 01 Ragunan, Jakarta Selatan, pada Ahad (31/10).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat pada Karang Taruna RW 01 Ragunan, Jakarta Selatan, pada Ahad (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat pada Karang Taruna RW 01 Ragunan, Jakarta Selatan, pada Ahad (31/10).

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sementara itu, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pengabdian masyarakat kepada karang taruna ini berlangsung secara daring melalui Zoom meetings untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Baca Juga

Kelompok pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Elah Nurlelah dan beranggotakan Fuad Nur Hasan selaku tutor, serta Nila Hardi, dan Abdul Latif selaku anggota. Selain itu, ada dua mahasiswa, Muhammad Iskandar dan Lelly Tresna yang turut membantu jalannya kegiatan.

Dalam kesempatan ini, Elah menuturkan bahwa dengan mengusung tema "Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Di Era Milenial" sangat cocok dengan keadaan sekarang. Pemasaran atau promosi melalui media digital, sudah menjadi hal yang penting, bahkan mulai menggeser media pemasaran tradisional.

"Penggunaan media digital untuk promosi sangat penting. Penumpang taksi di jalan misalnya, kini sudah tidak mengarahkan perhatiannya ke papan iklan di pinggir jalan lagi. Mereka cenderung fokus menggunakan ponsel pintarnya untuk mengakses berbagai informasi yang tersedia di internet." Ujar Elah dalam sambutannya, Ahad (31/10).

Senada dengan sambutan Elah, Fuad Nur Hasan, selaku tutor, dalam penyampaiannya menyebutkan jika digital marketing memiliki banyak kelebihan. Dibandingkan dengan metode pemasaran secara tradisional, metode ini lebih efektif dan efisien.

"Kelebihan dalam menggunakan digital media sebagai sarana promosi ini teletak pada efektivitas dan efisiensinya. Selain itu, juga memiliki kemudahan dalam menjangkau target pasar lebih luas. Serta cenderung membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen," jelas Fuad.

Maraknya bisnis online di masa pandemi ini juga menjadikan digital marketing atau promosi secara digital semakin banyak peminatnya. Untuk itu, penting untuk generasi milenial sekarang mengetahui, bagaimana memanfaatkan media digital ini agar lebih bermanfaat lagi, salah satunya dengan menjadikannya sebagai media promosi.

Sementara itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan sambutan yang baik dari para peserta anggota karang taruna. Salah satu peserta kegiatan ini, Rini Rosnita mengungkapkan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat pada umumnya, khususnya anggota karang taruna RW 01 Ragunan.

"Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami," ujar Rini. Selain itu, Rini berharap kegiatan ini bisa terus ada dengan berbagai topik menarik lainnya.

"Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan dan mengusung topik menarik lainnya. Serta juga nantinya bisa terlaksana secara offline ketika situasi memungkinkan. Sehingga peserta bisa secara langsung mempraktikannya," pungkas Rini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement