Senin 01 Nov 2021 17:17 WIB

Kalimat Pertama Nabi Muhammad Sesampainya di Kota Madinah

Inti dari pesan Nabi Muhammad adalah kesejahteraan masyarakat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kalimat Pertama Nabi Muhammad Sesampainya di Kota Madinah
Foto: Republika.co.id
Kalimat Pertama Nabi Muhammad Sesampainya di Kota Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abdullah bin Salam rahimahullah meriwayatkan ketika Nabi Muhammad tiba untuk pertama kalinya di Madinah. Abdullah bin Salam tidak melihat Nabi SAW seperti seorang pembohong, seperti yang dikabarkan orang-orang kafir.

Abdullah bin Salam merupakan seorang kepala Pendeta Yahudi di Madinah yang kemudian masuk Islam. Ia bersama orang-orang di Madinah datang untuk melihat kedatangan Nabi Muhammad.

Baca Juga

Dengan seksama, Abdullah bin Salam terus memperhatikan Nabi Muhammad. Ia bahkan menyimak kalimat pertama yang disampaikan Nabi setibanya di Madinah.

"Wahai manusia: Beri makan orang yang lapar, tebarkan salam, jagalah hubungan dengan saudaramu, dan sholatlah di malam ketika orang- orang sedang tidur. Niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR Al-Bukhari).

Nabi Muhammad SAW adalah orang yang tulus, memiliki keyakinan yang teguh dan jelas dalam menyampaikan pesan. Nabi Muhammad selalu menerapkan dan mengamalkan kepada dirinya sendiri sebelum menyampaikan kepada orang lain.

Dilansir dari About Islam, Senin (1/11), Hazem Said dan Maha Ezzeddina mengatakan, inti dari pesan Nabi Muhammad adalah kesejahteraan masyarakat. Kata-kata pertamanya saat ia hijrah ke Madinah menekankan hal itu. Berikut penjelasannya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement