Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Generasi Milenial Bisa Jadi Digital Marketer yang Handal

Senin 01 Nov 2021 17:15 WIB

Red: Gita Amanda

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Fakultas Teknik dan Informatika yang terdiri dari Umi Faddillah, Hanafi Eko Darono, Lady Agustin Fitriana, Kartika Handayani, juga dua orang mahasiswa yakni Khofifah Ramadhan dan Ersa Putri Pratiwi berbagi tips sukses menjadi digital marketer bagi pemula, khususnya kaum muda milenial dan generasi Z.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Fakultas Teknik dan Informatika yang terdiri dari Umi Faddillah, Hanafi Eko Darono, Lady Agustin Fitriana, Kartika Handayani, juga dua orang mahasiswa yakni Khofifah Ramadhan dan Ersa Putri Pratiwi berbagi tips sukses menjadi digital marketer bagi pemula, khususnya kaum muda milenial dan generasi Z.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Digital marketer merupakan profesi berkaitan pemasaran produk dengan digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital marketer merupakan penyebutan profesi dalam kegiatan pemasaran produk dengan menggunakan teknologi digital. Seiring dengan perkembangan teknologi digital, profesi digital marketer sangat digandrungi oleh generasi milenial dan generasi Z. Pasalnya, generasi milenial dan generasi Z sudah sangat akrab dengan teknologi digital. Kehadiran media sosial membuat profesi digital marketer banyak dicari berbagai perusahaan.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Fakultas Teknik dan Informatika yang terdiri dari Umi Faddillah, Hanafi Eko Darono, Lady Agustin Fitriana, Kartika Handayani, juga dua orang mahasiswa yakni Khofifah Ramadhan dan Ersa Putri Pratiwi berbagi tips sukses menjadi digital marketer bagi pemula, khususnya kaum muda milenial dan generasi Z. Kegiatan ini digelar dalam bentuk pengabdian masyarakat (PM) secara daring, Ahad (31/10) pukul 10.00-12.00 WIB. Berbagi tips berupa pelatihan ini diberikan pada Karang Taruna RW 01 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca Juga

Umi Faddillah, selaku ketua pelaksana kegiatan PM mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu wujud dari tri dharma perguruan tinggi yang rutin dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas BSI. “Berbagi tips dan pengetahuan ini bertujuan agar dapat memotivasi kaum muda khususnya yang tergabung dalam Karang Taruna RW 01 Ragunan, agar mampu menjadi digital marketer yang handal,” ujarnya pada media, Ahad (31/10).

Pada kesempatan yang sama, Hanafi Eko Darono selaku tutor dari kegiatan ini menyampaikan beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi digital marketer yang handal yakni pertajam skill analisis, mampu memvisualisasikan data dengan baik, mudah beradaptasi dengan teknologi, aktif di media sosial, memiliki pondasi teknik skill yang kuat, cakap dalam berkomunikasi dan juga mampu bekerja sama dalam tim.

“Menjadi digital marketer bukan hal yang mudah namun juga tidak sulit. Sebab, jika memiliki keinginan yang kuat dan sesuai dengan passion, maka bukan tidak mungkin digital marketer akan sukses diraih,” katanya saat menyampaikan materi, Ahad (31/10) lalu.

Ia menambahkan, untuk menjadi seorang digital marketer yang baik, maka harus kuasai salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization). Sebab SEO ini jadi salah satu strategi pemasaran paling efektif, yang mampu membuat konten kita di peringkat pertama google, hanya dengan menuliskan kata kunci.

“Strategi SEO, dianggap berhasil jika situs bisnis yang sudah dibangun dapat muncul di halaman pertama dari mesin pencarian yakni Google,” tandasnya.

Sementara itu, Indah Nuansa Bukusu, ketua Karang Taruna menyebutkan rasa terima kasihnya karena telah mendapatkan ilmu dan tips yang sangat bermanfaat untuk memotivasi kaum muda pada Karang Taruna yang diketuainya.

“Materi ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kami, sebab kaum muda milenial dan generasi Z wajib tahu bagaimana cara menjadi digital marketer yang handal agar kelak ia dapat memanfaatkan teknologi digital dengan sebaik-baiknya. Bukan hanya sekadar untuk hiburan namun juga dapat menjadi media promosi bagi usahanya,” jelasnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA