Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Windows 11

Senin 01 Nov 2021 08:17 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Widget di Windows 11

Widget di Windows 11

Foto: microsoft
Layar berkedip dilaporkan sebagai salah satu masalah di Windows 11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah hampir sebulan Windows 11 ditawarkan sebagai upgrade gratis untuk pengguna. Tetapi, sistem operasi terbaru tidak bebas dari bug.

Ada beberapa masalah yang mengganggu seperti File Explorer tidak merespons. Masalah lain yang telah mengganggu pengguna, adalah layar berkedip di Windows 11. Catatan rilis untuk Windows Insider Preview terbaru membuat daftar layar berkedip-kedip sebagai masalah yang diketahui terkait dengan Taskbar.

Baca Juga

Dilansir dari Ghacks, Ahad (31/10), hal pertama yang dilakukan untuk memperbaikinya adalah membuka aplikasi pengaturan. Kemudian, klik Personalisasi di panel kanan dan pilih opsi Latar Belakang .

Anda dapat memilih untuk mengatur latar belakang desktop ke warna solid, atau memilih gambar sebagai wallpaper Anda. Idenya adalah untuk menghindari penggunaan opsi Slideshow.

Kembali ke layar sebelumnya, yaitu Personalisasi, dan klik Warna. Periksa apakah Warna Aksen diatur ke “Manual”. Jika tertulis otomatis, alihkan ke manual.

Maksudnya adalah menghentikan OS dari menyegarkan (refreshing) warna dan latar belakang secara otomatis (slideshow), yang tampaknya menyebabkan masalah layar berkedip. Selain itu ada solusi alternatif untuk memperbaiki layar berkedip di Windows 11.

Buka aplikasi Pengaturan dan klik Aksesibilitas di bilah sisi. Klik Efek visual di panel kanan, dan alihkan tombol yang bertuliskan Efek Animasi.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA