Saturday, 19 Jumadil Akhir 1443 / 22 January 2022

Saturday, 19 Jumadil Akhir 1443 / 22 January 2022

AP II Sediakan Layanan Tes PCR dengan Hasil 3 Jam

Senin 01 Nov 2021 06:17 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Fakhruddin

AP II Sediakan Layanan Tes PCR dengan Hasil 3 Jam (ilustrasi).

AP II Sediakan Layanan Tes PCR dengan Hasil 3 Jam (ilustrasi).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
khusus diperuntukkan bagi calon penumpang pesawat berangkat pada hari yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyediakan fasilitas Airport Health Center di bandara yang dikelolanya. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan Airport Health Center di bandara AP II menyiapkan layanan tes RT-PCR dengan hasil keluar sekitar tiga jam yang pertama kali sudah dibuka di Bandara Soekarno-Hatta sejak 24 Oktober 2021.

“Penerbangan dipilih karena biasanya ada pertimbangan waktu, di mana seseorang butuh cepat untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya ada tugas mendadak, atau harus melakukan perjalanan sesegera mungkin. Karena itu, kami menyiapkan layanan tes RT-PCR yang hasilnya keluar tiga jam,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (31/10).

Awaluddin menjelaskan, layanan tes RT-PCR dengan hasil keluar sekitar tiga jam khusus diperuntukkan bagi calon penumpang pesawat berangkat pada hari yang sama. Bagi yang terbang di hari berbeda dengan waktu tes dapat memilih layanan RT-PCR dengan hasil 1x24 jam.

“AP II berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk mengoptimalkan sumber daya guna menyiapkan layanan hasil RT-PCR keluar sekitar tiga jam. Caranya antara lain, laboratorium mobile Covid-19 didatangkan langsung ke bandara untuk memeriksa sampel. Secara berkala layanan ini akan ada di seluruh bandara AP II,” jelas Awaluddin.

Dia memastikan, mobile laboratorium Covid-19 saat ini juga telah didatangkan di Bandara Husein Sastranegara (Bandung) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). Hal tersebut dilakukan menyiapkan layanan tes RT-PCR dengan hasil keluar sekitar tiga jam.

Baca juga : Anggota DPR Minta Pemerintah Batalkan Aturan Wajib Tes PCR

Awaluddin memastikan, tidak ada perbedaan tarif antara layanan RT-PCR hasil keluar sekitar tiga jam dengan hasil keluar 1x24 jam. Tarif yang ditetapkan sama yaitu Rp 275 ribu untuk bandara AP II di Jawa dan Rp 300 ribu untuk bandara AP II di luar Jawa sesuai Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Nomor HK 02.02/1/3843/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR.

AP II mencatat pada periode 24-30 Oktober 2021 yang melakukan tes RT-PCR dengan hasil keluar sekitar tiga jam di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 1.230 orang calon penumpang. Angka tersebut lebih banyak dibandingkan dengan yang menjalani tes dengan hasil 1x24 jam yakni 1.035 orang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA