Senin 01 Nov 2021 05:12 WIB

Milan Beri Kekalahan Kandang Perdana Bagi Mourinho

AC Milan mengalahkan tuan rumah AS Roma 2-1 pada lanjutan Liga Italia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (2-kanan), melakukan selebrasi ketika mencetak gol pembuka ke gawang AS Roma. Milan berhasil mengalahkan Roma 2-1 pada pertandingan sepak bola Serie A Italia di Roma, Italia, Ahad (31/10) malam atau Senin (1/11) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO PERI
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (2-kanan), melakukan selebrasi ketika mencetak gol pembuka ke gawang AS Roma. Milan berhasil mengalahkan Roma 2-1 pada pertandingan sepak bola Serie A Italia di Roma, Italia, Ahad (31/10) malam atau Senin (1/11) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AC Milan memberikan kekalahan kandang pertama Jose Mourinho dalam kiprahnya di Serie A. Milan menang dengan skor 2-1 atas tim yang dilatih Mourinho, AS Roma, pada lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion Olimpico, Senin (1/11) dini hari WIB. 

Ibrahimovic merobek gawang I Giallorossi via eksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti pada menit ke-25. Franck Kessie menjebol gawang Roma melalui titik putih setelah Ibrahimovic dilanggar oleh Ibanez di kotak terlarang.

Baca Juga

Pemain jebolan akademi Milan, Stephan El Shaarawy, berhasil memperkecil kedudukan pada injury time (93'). Pada laga ini, Milan juga harus bermain dengan 10 pemain setelah Theo Hernandez mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-66.

Kekalahan ini tidak membuat posisi Roma tergeser dari peringkat 4 klasemen sementara Serie A 2021/2021. Namun, ini merupakan kekalahan pertama di kandang bagi Mourinho, yang tidak pernah kalah pada 43 pertandingan Serie A. 

Bagi Milan, kemenangan tim besutan Stefano Pioli itu membuat persaingan perebutan puncak klasemen sementara Serie A terus terbuka. Milan kembali menyamai raihan poin Napoli, 31 angka dari 11 laga. 

Beberapa jam sebelumnya, Napoli sukses mengamankan tiga angka setelah menang 1-0 dari Salernitana. Namun, I Rossoneri terpaksa duduk di peringkat kedua lantaran kalah jumlah selisih gol dari I Partenopei. 

aga belum genap berjalan 20 menit, masing-masing tim sudah mencatatkan peluang emas. Milan mendapatkan peluang emas lewat sepakan Rafael Leao usai memanfaatkan umpan silang Davide Calabria.

Namun, bola sepakan Leao itu masih melambung dari mistar gawang. Tidak berselang lama, giliran tim tuan rumah yang mampu mengancam gawang I Rossoneri.

Rick Karsdorp bisa merangsek hingga dalam kotak penalti Roma dan melepaskan umpan tarik. Sayangnya, bola gagal diraih Tammy Abraham dan masih bisa dihalau pemain bertahan Milan.

Kedua tim pun bermain terbuka dan mencoba mencuri gol cepat di laga ini. Gol pertama di laga ini akhirnya tercipta pada menit ke-25. Tim tamu mampu lebih dulu unggul.

Zlatan Ibrahimovic mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti dengan begitu sempurna. Melewati pagar betis yang dibentuk para penggawa Roma, bola sepakan penyerang gaek asal Swedia itu melesat dan bersarang mulus di pojok kiri bawah gawang I Giallorossi.

Roma langsung merespon gol Milan tersebut. Namun, bangunan serangan Roma masih dapat diruntuhkan oleh barisan pemain di lini belakang I Rossoneri.

Dalam beberapa kesempatan, Nicolo Zaniolo terlihat tidak bisa melewati adangan Theo Hernandez di sisi kiri pertahanan I Rossoneri. Ujungnya, hingga babak pertama usai, Milan tetap mampu menjaga keunggulan satu gol.

Pada lima menit babak kedua, publik Stadion Olimpico dikejutkan dengan gol kedua Ibrahimovic. Setelah menerima umpan lambung dari Simon Kjaer dari lini belakang, striker berusia 40 tahun itu dengan mudah menaklukan kiper Roma, Rui Patricio. 

Ibra mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Roma tanpa bisa dihalau Patricio. Kendati demikian, gol tersebut dianulir wasit lantaran Ibra sudah berdiri di posisi offside saat Kjaer melepaskan umpan lambung. 

Namun, Milan bisa benar menggandakan keunggulan pada menit ke-56. Gol itu juga tidak lepas dari peran Ibrahimovic. 

Pelanggaran Ibanez terhadap eks striker Juventus itu berujung hadiah penalti buat tim tamu. Franck Kessie, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti, sukses mengelabui Patricio sekaligus mencetak gol keduanya di pentas Serie A musim ini. 

Tim tuan rumah mendapatkan sedikit keuntungan untuk bisa mengubah papan skor saat laga memasuki menit ke-66. Sebab, Milan harus bermain dengan 10 orang pada sisa laga lantaran kartu merah yang diterima Theo Hernandez. 

Bek sayap asal Prancis itu mendapatkan kartu kuning kedua di laga ini setelah melanggar Lorenzo Pellegrini. Memasuki 10 menit laga, Zaniolo mendapat peluang emas via tandukan setelah menyambut umpan lambung Pellegrini. 

Namun, bola hasil tandukan winger asal Italia itu masih bisa dihalau oleh Kjaer, yang sudah berdiri di depan mulut gawang Milan. Roma akhirnya bisa mencetak gol pertamanya di laga ini lewat gol dari Stephan El Shaarawy pada menit ke-93. 

Mantan gelandang serang AC Milan itu melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti I Rossoneri. Gol El Shaarawy itu akhirnya menjadi gol terakhir di laga ini. Roma harus mengakui keunggulan tamunya tersebut, 1-2. 

Susunan Pemain:

AS Roma (4-2-3-1)

Pelatih: Jose Mourinho

Kiper: Rui Patricio; Belakang: Karsdorp, Mancini, Ibanez, Vina;

Tengah: Cristante, Veretout; Zaniolo, Pellegrini, Mkhitaryan;

Depan: Abraham

AC Milan (4-2-3-1)

Pelatih: Stefano Pioli

Kiper: Tatarusanu;

Belakang: Calabria, Kjaer, Tomori, Hernandez;

Tengah: Bennacer, Kessie; Saelemaekers, Krunic, Leao;

Depan: Ibrahimovic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement