Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

West Ham Tajamkan Rekor Tandang

Senin 01 Nov 2021 03:43 WIB

Red: Ratna Puspita

Para pemain West Ham

Para pemain West Ham

Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
West Ham menghantam Aston Villa dengan skor 4-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- West Ham United menajamkan rekor hasil tandang terbaik mereka setelah menghantam Aston Villa 4-1 dalam laga pekan kesepuluh Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Ahad (31/10) waktu setempat atau Senin (1/11) WIB. Hasil itu menandai catatan gemilang West Ham yang nirkalah dalam delapan pertandingan tandang beruntun, rekor terbaik mereka di era Liga Primer.

West Ham unggul 2-1 hingga turun minum setelah gol-gol mereka yang dicetak Benjamin Johnson dan Declan Rice hanya bisa dibalas sekali oleh tuan rumah lewat Ollie Watkins. Tim besutan David Moyes itu mendapat keuntungan besar setelah Villa kehilangan Ezri Konsa yang diganjar kartu merah pada awal babak kedua dan memanfaatkan situasi untuk melengkapi kemenangan melalui gol-gol Pablo Fornals dan Jarrod Bowen.

Baca Juga

West Ham memantapkan posisi mereka di peringkat keempat klasemen dengan raihan 20 poin, setara dengan Manchester City hanya tertinggal selisih gol. Sedangkan Villa tertahan di urutan ke-15 dengan 10 poin, setelah kemarin dilewati Crystal Palace (12) dan Southampton (11), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tampil menekan sejak sepak mula, The Hammers mampu membuka keunggulan saat pertandingan belum genap berusia tujuh menit lewat gol Johnson. Bek sayap itu melakukan tusukan dari sisi kanan ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang mengejutkan kiper Emiliano Martinez.

Tuan rumah yang berusaha bangkit mampu keluar dari tekanan West Ham dan menyamakan kedudukan melalui ketenangan Watkins menyelesaikan umpan tarik kiriman Emiliano Buendia pada menit ke-34. Namun, kedudukan imbang tak bertahan lama, sebab empat menit kemudian Rice menyambut umpan dari Said Benrahma dengan tembakan sentuhan pertama demi melesakkan bola ke pojok gawang dan merestorasi keunggulan West Ham.

Skor 2-1 bagi tim tamu bertahan hingga turun minum lima menit pertandingan berjalan mereka mendapat keuntungan ketika Konsa diganjar kartu merah oleh wasit Chris Kavanagh setelah ia menyikut Fornals dalam situasi serangan balik West Ham. Villa awalnya tampak bisa mengatasi ketimpangan jumlah pemain dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-57 bila saja bola tandukan Watkins tak membentur mistar gawang.

Namun, perlahan tapi pasti sepuluh pemain Villa mulai kewalahan menghadapi West Ham yang masih punya sebelas pemain di dalam lapangan. Pada menit ke-80, Fornals sukses memperlebar keunggulan West Ham dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Bowen yang sempat dimentahkan oleh Martinez.

Lantas empat menit kemudian, Bowen turut mencatatkan namanya di papan skor ketika berdiri bebas menyelesaikan umpan Manuel Lazini demi menggenapi kemenangan 4-1 bagi West Ham. Villa akan main lebih awal untuk pertandingan selanjutnya saat bertandang ke St. Mary's menghadapi Southampton pada Jumat (5/11), sedangkan West Ham baru tampil du hari kemudian menjamu Liverpool.

Sebelum itu, pada Kamis (4/11), West Ham akan bertolak ke Belgia untuk melakoni laga lanjutan penyisihan grup Liga Europa melawan Genk.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA