Ahad 31 Oct 2021 23:21 WIB

Wapres Ingatkan Pentingnya Kerukunan di Mahasabha XII

Wapres mengajak segenap umat Hindu tetap jaga protokol kesehatan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin mengingatkan pentingya saling toleransi antarpemeluk agama
Foto: BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin mengingatkan pentingya saling toleransi antarpemeluk agama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat Hindu Dharma Indonesia untuk terus membangun semangat kerukunan antarumat beragama.

Wapres berharap kegiatan Mahasabha XII yang merupakan sabha tertinggi Parisada Hindu Dharma Indonesia menjadi motivasi masyarakat Hindu untuk meningkatkan keimanan serta berpartisipasi dalam pembangunan menuju Indonesia yang harmonis, maju dan sejahtera.

Baca Juga

"Pelaksanaan Mahasabha XII pada Oktober 2021, yang bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, diharapkan menjadi momen penting bagi kita untuk lebih menghayati urgensi kerukunan umat beragama," ujar Wapres saat hadir virtual di acara penutupan Mahasabha XII Parisada Hindu Dharma Indonesia Tahun 2021, Ahad (31/10).

Selain itu, Wapres juga mengimbau PHDI terus berperan aktif bersama pemerintah untuk menyukseskan program pembangunan dan mengatasi persoalan melalui program-program kerja yang telah dibuat.

Apalagi hampir dua tahun ini Indonesia menghadapi masalah pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan dampak sangat berat, tidak hanya masalah kesehatan tapi juga masalah sosial dan ekonomi.

"Hal tersebut menjadi tantangan besar yang harus kita selesaikan secara bersama-sama. Saya mengapresiasi umat Hindu yang selama ini telah berpartisipasi aktif bersama pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dan dampaknya," ujarnya.

Namun, Wapres mengingatkan Covid-19 ini masih terus menjadi ancaman. Ia menghimbau PHDI dan semua elemen bangsa untuk bersama-sama pemerintah menanggulangi pandemi ini dengan tetap berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengikuti vaksinasi.

"Sebagai umat beragama, kita harus selalu memohon pertolongan kepada Yang Maha Kuasa agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan dan kemampuan dalam menghadapi Covid-19 dan dampaknya dan segera dibebaskan dari pandemi ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wapres mengingatkan kerukunan di masyarakat perlu dijaga secara konsisten oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk para pemuka agama.

Menurutnya, kerukunan antarmasyarakat merupakan unsur utama yang dapat membentuk kerukunan nasional, dan kerukunan nasional merupakan pilar yang kuat dalam mewujudkan stabilitas nasional. Untuk itu, Wapres menekankan bahwa menjaga kerukunan merupakan suatu hal harus dilaksanakan.

“Kita sama-sama terus menjaga mengawal kerukunan karena bangsa kita ini bangsa yang majemuk. Karena itu, mengawal kerukunan ini menjadi suatu keniscayaan buat kita bersama,” kata Wapres menegaskan.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement