Senin 01 Nov 2021 05:30 WIB

Anies Hadiri Milad Golkar, Sinyal 2024?

Kemunculan relawan ANIES sebagai fenomena politik yang lumrah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di DPD Golkar DKI, Jakarta, Ahad (31/10).
Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di DPD Golkar DKI, Jakarta, Ahad (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zainur Mahsir Ramadhan/Rizky Suryarandika

Ajang pesta demokrasi pemilihan presiden (Pilpres), masih tiga tahun lagi. Namun demikian, 'suhu politik' pesta demokrasi lima tahunan itu, mulai memanas. Sejumlah nama bahkan sudah digaungkan oleh para relawan dan simpatisan.

Adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, hadir dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Golkar ke-57 di kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Ahad (31/10). Dalam kesempatan tersebut Anies berharap agar, partai dengan usia lebih dari setengah abad itu, bisa semakin maju dan solid.

"Dan bisa menjadi salah satu contoh kematangan berdemokrasi," kata Anies di lokasi. 

Anies melanjutkan, tempat manapun yang menjalani proses demokratisasi selalu menghadapi tantangan. Namun demikian, kata dia, pilar yang mampu menyelesaikan tantangan tersebut adalah partai itu sendiri yang telah matang dalam berpolitik

"Partai politik yang di dalamnya berdiri politisi, bisa mengelola berbagai macam aspirasi dan punya kapasitas teknokratis," lanjut dia.

Sesuai namanya, menurut Anies, Golkar dengan membawa aksen ‘karya’ dalam namanya harus mampu menjaga orientasi tersebut. Utamanya, dengan memberikan hasil demokrasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Merunut sejarah partai politik di Indonesia, Anies menyinggung Golkar yang menjadi salah satu partai paling berpengalaman. Dengan adanya hasil baik, khususnya bagi pencapaian Golkar di Jakarta, Anies menyebut jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap untuk mendukung semua kegiatan Golkar yang memiliki orientasi bagi kebahagiaan masyarakat dan kemajuan DKI.

"Jadi kami ucapkan selamat dan mudah-mudahan program ulang tahunnya yang begitu banyak tadi berorientasi kepada masyarakat. Insya Allah akan bisa memberikan manfaat," jelas Anies.

Sebelumnya, Anies juga sempat memuji Demokrat pada saat milad partai berlogo bintang mercy itu pada September lalu. Menurut Anies, peringatan dua dekade Demokrat menjadi penanda bagi berdirinya partai yang menjaga marwah demokrasi Indonesia.

Sebagaimana mestinya, kata dia, Partai Demokrat telah melaksanakan hal tersebut dalam perpolitikan Indonesia. "Izinkan saya mengucapkan selamat, apresiasi, semoga semakin jaya, makin memberi manfaat bagi semua," ujar Anies dikutip Republika.co.id dalam video yang diunggah Demokrat di Twitter, Kamis (9/9).

Dalam dua dasawarsa berdirinya Demokrat, menurut Anies, telah mencerminkan semangat menumbuhkan, mengembangkan dan menjaga demokrasi. Dengan momentum ini, Anies berharap partai berlogo bintang mercy itu bisa semakin jaya dan berkembang.

"Dan makin solid serta makin menjadi rujukan bagi rakyat dan bangsa, dan teruslah menjadi pilar, penopang dan memastikan demokrasi yang terkonsolidasi di Indonesia, sehingga menghasilkan keadilan dan kesejahteraan," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement