Ahad 31 Oct 2021 07:23 WIB

Arteta Sanjung Peran Krusial Ramsdale

Kiper Aaron Ramsdale membantu Arsenal kalahkan Leicester 2-0.

Aaron Ramsdale
Foto: EPA-EFE/Clive Brunskill/NMC/Pool
Aaron Ramsdale

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mikel Arteta menyanjung peran krusial dari kiper Aaron Ramsdale yang membantu Arsenal mengalahkan Leicester City 2-0 dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Sabtu (30/10) malam. Gabriel Magalhaes dan Emile Smith-Rowe memang mencetak dua gol kemenangan Arsenal, tetapi Ramsdale memainkan peranan besar lewat tak kurang delapan penyelamatan atas tembakan-tembakan tepat sasaran tuan rumah.

"Ketika Anda ingin menang secara rutin, dibutuhkan performa individual yang besar," kata Arteta selepas laga dikutip dari laman resmi Arsenal.

Baca Juga

"Anda bisa menang dengan berbagai cara, tapi sudah tentu kiper Anda harus tampil hebat karena lawan pasti akan mengancam. Pada momen-momen besar hari ini, saya pikir dia sangat luar biasa," ujarnya menambahkan.

Salah satu kontribusi krusial Ramsdale terjadi pada menit ke-43 pertandingan saat ia melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan bebas akurat yang dilepaskan James Maddison. Bola muntah berusaha disambar oleh Jonny Evans, tapi Ramsdale sigap menghalaunya kembali dengan kakinya "dibantu" tiang gawang.

Dua penyelamatan beruntun itu bisa dipastikan akan dipertimbangkan sebagai aksi penyelamatan terbaik Liga Inggris musim ini. Di sisi lain, Arteta juga memuji kinerja para pemain Arsenal menggalang pertahanan mereka demi meredam Leicester yang sepanjang laga mendominasi lebih dari 64 persen penguasaan bola.

"Saya bilang kepada mereka 'kalian harus menyukai tugas bertahan, kalian adalah pemain bertahan'," kata Arteta.

"Sesudahnya, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan semua proses yang diminta, mengambil keputusan, serta risiko-risiko dari cara bermain kami, tetapi itu semua harus keluar dari dalam diri mereka sendiri," tutup juru taktik asal Spanyol itu.

Arsenal duduk di urutan keenam klasemen dengan 17 poin, setelah sempat naik ke urutan kelima tapi disalip Manchester United yang menang dalam laga lebih larut dan memiliki selisih gol lebih baik. Selanjutnya Arsenal akan menjamu Watford di Emirates pada Ahad (7/11) pekan depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement