Ahad 31 Oct 2021 01:45 WIB

Warga Mamuju Galang Dana Bangun Jalan Secara Swadaya

Padahal, permintaan pembangunan jalan sudah lama diajukan kepada Pemprov Sulbar.

Warga desa membangun jalan. (ilustrasi)
Warga desa membangun jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Warga di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan penggalangan dana untuk digunakan membangun jalan di daerahnya. Padahal, permintaan pembangunan jalan sudah lama diajukan kepada Pemprov Sulbar.

"Kami sudah lama mendesak kepada Pemprov Sulbar untuk membangun jalan menuju wilayah kami, namun belum dipenuhi," kata tokoh pemuda di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Aldi Tandiallo, di Majene, Sabtu (30/10).

Baca Juga

Ia mengatakan, karena belum juga dipenuhi pemerintah, maka warga menggalang dana untuk membangun jalan menuju daerah Ulumanda agar layak dilalui masyarakat. Menurut dia, pemuda di wilayah Ulumanda telah menggalang dana mulai dari masyarakat di Kecamatan Ulumanda sampai pengguna jalur trans Sulawesi Majene.

"Dari hasil penggalangan dana yang dilakukan tersebut, maka akan kami bangun sepanjang 60 meter saja, pada titik yang dianggap sangat penting diperbaiki," katanya.

Ia menyampaikan jalan menuju wilayah Kecamatan Ulumanda yang terletak di pegunungan Kabupaten Majene sepanjang 30 kilometer berlumpur dan rusak parah. "Padahal daerah itu penghasil pertanian seperti kopi cengkeh dan kakao, jagung dan lainnya, namun jalannya tidak diperbaiki pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, ribuan masyarakat di Kecamatan Ulumanda selalu kesulitan memasarkan hasil pertaniannya sehingga kesejahteraan masyarakat tidak meningkat. "Orang sakit dan orang hamil harus ditandu karena jalan menuju kecamatan Ulumanda tidak layak dilalui kendaraan roda empat puluhan kilo, sehingga kami tetap mendesak agar pemerintah memperbaiki jalan kami ini," kata Takdir warga lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement