Ahad 31 Oct 2021 02:47 WIB

Jalan Unggan-Lintau Saksi PDRI akan Dibuka Tahun Depan

Jalan Unggan-Lintau tertutup semak belukar

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi, meminta pembukaan jalan Unggan, Sijunjung menuju Lintau Kabupaten Tanah Datar segera dibuka pada 2022.

"Jalan ini sudah pernah dibuka pada masa Gubernur Azwar Anas. Namun kemudian karena tidak dilakukan pengerasan dan pengaspalan maka tertutup semak belukar. Kita buka lagi akses jalan ini," kata Mahyeldi, Jumat (29/10).

Baca Juga

Menurut Mahyeldi, jalan tersebut cukup dibuka dulu menggunakan alat berat hingga bisa dilewati masyarakat. Dengan sering dilewati, kontur jalan akan mengeras. Setelah itu baru dilakukan pengaspalan.

Mahyeldi menyebut akses jalan adalah urat nadi perekonomian yang akan mendukung kesejahteraan rakyat karena itu harus menjadi prioritas.

"Dengan adanya jalan ini maka akan ada jual beli produk hasil pertanian dan kerajinan sehingga menggerakkan ekonomi masyarakat dua daerah," katanya.

Ia menambahkan daerah Sumpur Kudus adalah salah satu basis perjuangan pada masa Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang menjadi tonggak penyambung kedaulatan NKRI saat agresi Belanda II.

Mahyeldi mengatakan daerah basis PDRI akan mendapatkan perhatian. Karena menjadi saksi sejarah mempertahankan NKRI dari belenggu penjajahan.

Wali Nagari Sumpur Kudus Selatan, Khairul Basri, mengatakan pada 2001-2003 jalan itu masih digunakan masyarakat menggunakan sepeda motor.

Bahkan ada satu jembatan di ruas jalan itu yang saat itu masih bisa dilewati, namun sekarang kondisinya sudah rusak.

"Kami harap akses jalan itu bisa kembali dibuka dan dimanfaatkan masyarakat," ujar Khairul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement