Sabtu 30 Oct 2021 19:24 WIB

BIG: 10 Daerah Terpilih Raih Penghargaan Bhumandala 2021

Penghargaan Bhumandala 2021 fokus peran kreatif manfaatkan info geospasial

Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Penghargaan Bhumandala 2021. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah daerah yang memanfaatkan infomasi geospasial, maupun insan kreatif yang menggunakan informasi geospasial untuk masyarakat luas.
Foto: Badan Informasi Geospasial
Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Penghargaan Bhumandala 2021. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah daerah yang memanfaatkan infomasi geospasial, maupun insan kreatif yang menggunakan informasi geospasial untuk masyarakat luas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Penghargaan Bhumandala 2021. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah daerah yang memanfaatkan infomasi geospasial, maupun insan kreatif yang menggunakan informasi geospasial untuk masyarakat luas. 

Dari hasil seleksi, ada sepuluh daerah yang terpilih menerima Penghargaan Bhumandala 2021. Yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kota Bontang, Sumatera Selatan, Kota Surakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Manado dan Kabupaten Sragen. 

Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Sumaryono mengatakan, Penghargaan Bhumandala 2021 merupakan puncak penghargaan pemerintah daerah, baik kabupaten/ kota di Indonesia. Selain itu, bagi para kreatif yang telah memanfaatkan informasi geospasial.

"Ini adalah puncak penghargaan kita kepada para kreatif ya yang bisa memanfaatkan informasi geospasial untuk mendukung tugas fungsi mereka masing-masing dan ini menjadi trigger ya bagi masyarakat luas nanti, tentu bhumandala ini akan kita perluas tidak hanya untuk daerah kota, kabupaten provinsi saja tetapi untuk masyarakat luas juga nanti," tegas Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Sumaryono dalam diskusi, di Jakarta, Jumat (29/10). 

Menurutnya, pemenang award tersebut adalah mereka yang dapat menciptakan kreatifitas informasi geospasial terbaik. 

"Jadi siapapun bisa memenangkan award ini yang mereka bisa menciptakan kreatifitas terbaik dalam informasi geospasial. Geospatial data atau data is more valuable than oil, siapa yang menguasai data dia yang memenangkan persaingan, the king of data adalah geospasial why not? Nah itulah nanti kita akan terus menggaungkan terus. Moga-moga ini menjadi pemantik," katanya. 

Pihaknya berharap melalui Penghargaan Bhumandala 2021, masyarakat menjadi paham terkait informasi geospasial. "Masyarakat semakin aware dan semakin paham, apa yang tadi dikatakan sebagai elitis, scientific masyarakat paham. Kita sudah menggunakan aplikasi-aplikasi online baik map, maupun untuk mendapatkan informasi kemana arah perjalanan kita, tentunya membantu masyarakat untuk aware," tegasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement