Sabtu 30 Oct 2021 16:46 WIB

Bintik Hitam Permukaan Hidung Belum Tentu Komedo

Ahli dermatologi tak menyarankan untuk memencet bintik hitam di hidung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Perawatan wajah. Bintik hitam di hidung bisa jadi bukan komedo.
Foto: Republika/Prayogi
Perawatan wajah. Bintik hitam di hidung bisa jadi bukan komedo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komedo menjadi masalah umum yang dihadapi banyak orang, terutama bagi pemilik tipe kulit berminyak. Komedo umumnya muncul seperti bintik hitam di kulit karena folikel rambut tersumbat.

Biasanya, orang akan melakukan beragam upaya, termasuk memencet komedo dengan anggapan dapat menghilangkannya. Akan tetapi, benarkan semua bintik hitam yang terlihat di permukaan hidung adalah komedo? Jawabannya, belum tentu.

Baca Juga

Dr Jushya Bhatia Sarin mengatakan bahwa konstelasi bintik-bintik kecil yang tampak di permukaan kulit mungkin bukan komedo sama sekali. Bintik hitam yang terlihat boleh jadi adalah filamen sebaceous.

"Itu merupakan struktur seperti tabung yang memungkinkan pelepasan minyak dari kelenjar minyak ke permukaan kulit untuk menghidrasinya," kata Sarin yang merupakan ahli dermatologi, dilansir Indian Express, Selasa (05/10).

Sering kali orang salah mengira jika bintik hitam adalah komedo saja. Padahal, filamen sebaceous juga berwarna hitam karena minyak teroksidasi pada paparan atmosfer yang mirip dengan apel yang dipotong dan dibiarkan terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement