Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Jenis Makanan yang Dapat Lemahkan Lambung Anak

Sabtu 30 Oct 2021 16:35 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Cokelat. Selain cokelat, keju dan makanan pedas juga dapat memicu masalah lambung pada anak.

Cokelat. Selain cokelat, keju dan makanan pedas juga dapat memicu masalah lambung pada anak.

Foto: Reuters
Anak-anak pun dapat mengalami masalah lambung, seperti maag.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa cokelat dan keju menyebabkan pengosongan lambung anak menjadi lambat. Bahkan, kedua makanan itu bisa melemahkan klep atau katup lambung.

"Kalau sering makan cokelat dan keju dalam porsi berlebihan, klep lambung bisa melemah," kata Ari dalam acara Seminar Awam "Kenali Apa itu Gastritis dan Bahayanya Bagi Kesehatan", dikutip Sabtu (30/10).

Baca Juga

Jika sudah diperkenalkan makan cokelat, keju, soda, hingga makanan pedas berlevel-level, maka anak dapat mengalami masalah lambung. Belum lagi, anak-anak sedang mengalami tingkat stres yang tinggi saat pandemi, di mana mereka jarang bermain, banyak PR, dan lain-lain.

"Yang penting kuncinya jangan berlebihan," ujar dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Ari mengatakan bahwa maag bisa menyerang siapa saja, bahkan anak usia 10 tahun. Ia mengungkap, beberapa pasien anak datang setelah menyantap makanan pedas berlevel-level, atau terlalu banyak makan makanan yang diawetkan, asin berlebihan, dan minum soda.

“Anak itu lambungnya tak kuat makan cabai banyak. Jangan bangga kalau anak doyan pedas, kasihan lambungnya, bisa gastritis," kata dokter spesialis penyakit dalam ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA