Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Nilai Uang Kripto Squid Game Meroket

Ahad 31 Oct 2021 00:10 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya

Salah satu adegan Squid Game yang tayang di Netflix. Serial Squid Game menginspirasi pelaku pasar uang kripto meluncurkan Squid Cryptocurrency.

Salah satu adegan Squid Game yang tayang di Netflix. Serial Squid Game menginspirasi pelaku pasar uang kripto meluncurkan Squid Cryptocurrency.

Foto: Netflix
Squid dikritik karena tidak mengizinkan investor untuk menjual kembali token mereka

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda seorang penggemar yang ingin mengekspresikan pengabdian Anda pada serial Korea Netflix Squid Game, ada cryptocurrency untuk itu. Dilansir dari BBC, Sabtu (30/10), gamer telah membuat program versi online di mana Anda bermain dengan Squid Cryptocurrency. 

Pada hari Selasa (26/10) uang kripto itu tercatat bernilai 1 sen. Tetapi pada hari Jumat (29/10), nilainya telah melonjak dan mencapai 4,39 dolar AS.

Baca Juga

Tetapi, Squid telah dikritik karena tidak mengizinkan investor untuk menjual kembali token mereka. Serial Dystopian, juga menceritakan tentang sekelompok orang yang dipaksa bermain game anak-anak yang mematikan demi uang telah menjadi sensasi viral.

Uang kripto Squid ini merupakan jenis cryptocurrency play-to-earn. Dimana, orang membeli token untuk bermain game online dan mereka bisa mendapatkan lebih banyak token. Ini kemudian dapat ditukar dengan cryptocurrency lain atau uang kertas.

Dalam kasus Squid, banyak pembeli akan menjadi gamer yang ingin bermain dalam program game online, yang dimulai pada bulan November. "Semakin banyak orang bergabung, kumpulan hadiah yang lebih besar akan besar," menurut dokumen terbitan, yang mengatakan pengembang akan mengambil 10 persen dari biaya masuk dengan 90 persen sisanya diberikan kepada pemenang.

Putaran individu memiliki biaya untuk bergabung. Misalnya, bermain putaran 1: Lampu Merah, Lampu Hijau, akan dikenakan biaya pemain 456 Squid dengan total enam putaran yang menjadi lebih mahal seiring berjalannya waktu.

Tetapi calon pembeli harus berhati-hati dengan situs pelacak harga crypto CoinMarketCap yang mengeluarkan peringatan bahwa banyak pengguna tidak dapat menjual kembali token mereka di bursa cryptocurrency.

Kapitalisasi pasarnya, atau total volume di pasar, telah mencapai 184 juta dolar AS. Seorang pedagang mengatakan kepada BBC di Twitter bahwa mereka memiliki 7.500 dolar AS diikat dalam mata uang yang mereka harapkan akan dirilis dalam 48 jam.

Tidak jelas mengapa ini terjadi, tetapi perusahaan mengatakan menggunakan teknologi anti-dumping inovatif yang membatasi orang untuk menjual koin mereka jika tidak ada cukup koin yang dibeli di pasar.

Perusahaan belum segera menanggapi permintaan klarifikasi dari BBC. "Mata uang kripto ini bergabung dengan daftar koin dan token digital yang panjang dan terus bertambah yang mendukung meme acak atau fenomena budaya," kata ekonom Cornell University Eswar Prasad kepada BBC.

"Hebatnya, banyak koin seperti itu dengan cepat menarik minat investor, yang mengarah ke valuasi yang sangat meningkat. Investor ritel yang naif yang terjebak dalam hiruk-pikuk spekulatif menghadapi risiko kerugian besar," kata dia. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA