Sabtu 30 Oct 2021 14:29 WIB

Arteta Siap Berikan Kesempatan buat Saliba 

William Saliba sedang melakoni masa peminjaman bersama Marseille.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
William Saliba
Foto: arsenalcore.com
William Saliba

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, siap memberikan kesempatan kepada William Saliba untuk bersaing dalam perebutan tempat utama di tim inti The Gunners pada musim depan. Saat ini, bek tengah berusia 20 tahun itu sedang melakoni masa peminjaman bersama Marseille. 

Performa mantan bek tengah Saint Etienne itu bersama Marseille pun menuai banyak pujian. Bahkan, penggawa timnas Prancis U-21 itu menjadi salah satu pemain andalan pelatih Jorge Sampaoli di Les Olympians. 

Baca Juga

Saliba tercatat tampil sebagai starter di 12 laga dari 13 partai yang telah dilakoni Marseille di semua ajang pada awal musim ini. Penampilan apik kembali ditunjukan Saliba saat Marseille menahan imbang PSG, 0-0, akhir pekan lalu. 

Dalam laga bertajuk Le Classique itu, Saliba mencatatkan 96 persen akurasi operan dan 80 persen rataan memenangi duel perebutan bola. Menahan gempuran tim yang diperkuat Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar tentu bukan perkara mudah buat pemain bertahan. 

Saliba menunjukan penampilan impresif, termasuk saat berhasil menggagalkan peluang Mbappe lewat sliding tackle yang sempurna. Arteta mengaku, The Gunners selalu mampu memantau semua pemain yang dipinjamkan ke klub lain, tidak terkecuali Saliba.

The Gunners, tutur pelatih asal Spanyol itu, akan menilai dan mengevaluasi perkembangan pemain-pemain yang tengah dipinjamkan di klub lain. Arteta pun membuka kemungkinan soal peluang Saliba untuk menembus tim inti The Gunners pada musim depan atau saat kembali dari masa peminjaman di Marseille. 

Namun, eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu belum mau memberikan jaminan kepada Saliba terkait satu posisi di tim inti The Gunners. ''Saya rasa, ada ruang untuk itu (mengakomodasi kehadiran Saliba). Namun, kami harus menunggu hingga penghujung musim ini terkait keputusan tersebut. Selain itu, hal itu juga bergantung dengan apa yang terjadi pada pemain lain,'' tutur Arteta. 

Di skuad The Gunners, Saliba kemungkinan besar akan bersaing dengan Ben White, Gabriel Magalhaes, Rob Holding, dan Pablo Mari. Apabila berhasil menjaga konsistensi performa, Saliba dinilai memiliki peluang besar untuk bisa merebut satu tempat di lini belakang The Gunners pada musim depan. 

Kendati telah resmi direkrut Arsenal sejak Juli 2019, Saliba tercatat belum pernah sekalipun melakoni debut bersama tim utama The Gunners. Saliba, yang melakoni masa peminjaman di Saint Etienne pada sepanjang musim 2018/2020, hanya sempat berlaga di laga pra-musim dan duduk di bangku cadangan di laga Community Shields, kontra Liverpool, pada awal musim 2020/2021. 

Saliba digadang-gadang bakal disertakan Arteta di skuad utama Arsenal pada musim 2020/2021. Namun, nama Saliba malah tidak disertakan dalam skuad The Gunners di pentas Liga Primer Inggris dan Liga Europa. 

Akhirnya, Saliba hanya tampil bersama tim Arsenal U-23. Pada pertengahan musim, Saliba dipinjamkan ke Nice selama setengah musim. Saliba lagi-lagi menjalani peminjaman di klub lain pada musim ini. 

Kali ini giliran Marseille yang mendapatkan kesempatan menggunakan service Saliba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement